Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Produk, Daihatsu Bersiap Perang “Aftersales”

Kompas.com - 29/01/2018, 09:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com – Daihatsu Indonesia mengklaim berhasil menduduki posisi kedua terlaris di dalam negeri (retail), selama sembilan tahun. Dari data yang dirilis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) , pada 2017 lalu mereka menjual sebanyak 185.240 unit.

Namun pertarungan yang semakin ketat dan produk baru yang terus bermunculan dari kompetitor, membuat Daihatsu merasa perlu untuk menggalang kekuatan lainnya, salah satunya dari sisi aftersales.

“Makin banyak produk-produk baru dari kmpetitor. Karena itu ke depannya perang aftersales juga akan semakin penting dan sangat menentukan Daihatsu memenangkan persaingan bisnis,” ujar Supranoto, Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Rabu (24/1/2018).

Baca juga : Mengapa Kompetisi Teknisi Daihatsu Hanya Berstatus Lokal?

Test Drive Daihatsu Terios di Padang.Istimewa Test Drive Daihatsu Terios di Padang.

“Himbauan bagi seluruh dealer, agar terus meningkatkan aftersales servis, memenuhi standar pelayanan dan Fasilitas. Kemudian memiliki SDM dengan kemampuan dan kompetensi yang baik, dan menerapkan sistem pelayanan yang bersahabat,” tutur Supranoto.

Kepada Kompas.com, Supranoto menuturkan, kalau konsumen Daihatsu ketika membeli produk mempertmbangkan benar soal aftersales. Karena itu, pihaknya menyebut terus menjaga soal pelayanan di diler atau bengkel resmi.

“Dari hasil riset ada angka presentase konsumen yang membeli karena aftersales, tapi berapa pastinya saya tidak tahu. Setiap bulan kami mengukur Customer Satisfaction Index CSI), dan itu akhirnya menjadikan standar kami,” ujar Supranoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com