Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Padang, Daihatsu Menang Lawan Honda, Suzuki dan Mitsubishi

Kompas.com - 15/01/2018, 14:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Padang, KompasOtomotif – Merek mobil Daiahatsu masih cukup kuat namanya di tingkat regional terutama di Padang. Meski pertarungannya cukup ketat, tapi mereka mengaku berhasil bertempur dan menduduki peringkat kedua setelah Toyota.

“Kalau di Padang sendiri memang kami selalu nomor dua setelah Toyota. Kami selalu menang lawan Honda, selalu menang lawan Suzuki dan selalu menang lawan Mitsubishi. Itu semua dari hasil kerja keras dari tim Astra Daihatsu,” ujar Tunjung Pramusinto, AI-DSO Area Manager Sumatera, Kamis (11/1.2017).

Lebih lanjut lagi, Jefri Kurniawan, Kepala Cabang AI-DSO Padang mengatakan, market share Daihatsu sampai saat ini yaitu 23 persen sampai 24 persen. Sementara sang pemimpin pasar menguasai Padang sampai 33 persen.

“Kalau Mitsubishi masih di bawah kita untuk passanger car. Sementara jika di total dengan kendaraan berbahan bakar solar, 4x4, truk atau komersial mereka ada di posisi kedua dan kita ketiga,” ujar Jefri kepada KompasOtomotif.

Baca juga : Daihatsu Mengaku Lagi Bikin Proyek ?Compact Car? Baru

All New Terios.Ghulam/KompasOtomotif All New Terios.

Jefri menambahkan, model yang paling banyak diminati di Padang yaitu Gran Max dengan sumbangsih total bisa mencapai 40 persen untuk semua variannya. Kemudian diikuti oleh Sigra dengan kontribusi di angka 30 persen, selanjutnya ada Xenia, Ayla, Terios Luxio, dan Sirion.

“Gran Max digunakan untuk sektor komersial, mulai dari angkutan dan bisnis,” ucap Jefri.

Target 2018

Soal target 2018 sendiri, Daihatsu mematok target tumbuh sampai 8 persen, sama seperti jumlah kenaikan dari 2016 ke 2017. Angka tersebut dianggap cukup realistis dan berada di atas proyeksi pencapaian Daihatsu secara nasional.

“Penjualan nasional hanya diproyeksi naik 5 persen, jadi 8 persen untuk Padang sudah oke. Kami berharap juga dengan adanya new comer, bakal ada kenaikan untuk komersial dan passanger-nya, seperti kedatangan Terios yang baru,” ucap Jefri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com