Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Mengaku Lagi Bikin Proyek “Compact Car” Baru

Kompas.com - 15/01/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Padang, KompasOtomotif – Sudah berusia kurang lebih satu tahun proyek kolaborasi Toyota-Daihatsu pasca akuisisi, Emerging-market Compact Car Company (ECCC) akhirnya berjalan. Pasar negara berkembang akan jadi sasaran, di mana bakal disiapkan mobil kompak dengan harga terjangkau.

Toyota mencoba coba memanfaatkan keahlian Daihatsu di segmen itu, yang kemudian didukung oleh jaringan besar di seluruh dunia, khususnya negara berkembang.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menuturkan, proyek sudah berjalan satu tahun sejak Januari 2017 lalu, divisi  baru tersebut saat ini sedang melakukan proses pembuatan produk baru. Tentunya disesuaikan dengan kondisi pasar yang akan dituju.

“Jadi proyeknya sudah jalan dan sedang merancang produk ECCC, karena kami disuruh membuat dahulu. Semuanya dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan negara masing-masing (produknya juga beragam),” ucap Amelia, Kamis (11/1/2018).

Baca juga : Daihatsu Terios Baru Tahan Tenaga, Demi Irit Bensin

Daihatsu Sigra dipamerkan saat GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2016). GIIAS 2016 akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Daihatsu Sigra dipamerkan saat GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2016). GIIAS 2016 akan berlangsung hingga 21 Agustus 2016.

“Perannya Daihatsu di ECCC itu mendesain, kemudian merancang mobilnya sampai production preparation. Nanti akan kolaborasi juga dengan Indonesia dan semua jaringan Daihatsu, di mana produksi tidak hanya di sini tergantung kebutuhan,” tutur Amel.

Amelia menambahkan, kalau produk mobil yang akan dibangun di dalam ECCC kategori A, dengan spesifikasi mesin di bawah 1.200cc. Bukan tidak mungkin selain mobil kota, model sedan, MPV dan SUV juga akan ikut masuk dalam daftar produk yang akan dikembangkan.

Terkait peran Daihatsu Indonesia, Presiden Daihatsu Motor (DMC) Soichiro Okudaira beberapa waktu lalu sempat memberikan sinyal kuat, kalau Indonesia bakal menjadi basis ECCC. Dirinya menyebut kalau ADM sedang mengembangkan platform model baru, berkolaborasi dengan Jepang.

Jadi bisa saja saat ini proyek rancang bangun model mobil kompak ECCC, sedang dilakukan di R&D Center milik Daihatsu yang berlokasi di Karawang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com