Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Bakal Adopsi Transmisi CVT di Indonesia

Kompas.com - 12/01/2018, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Padang, KompasOtomotif – Para produsen otomotif dalam negeri sudah mulai melengkapi model kendaraannya dengan transmisi otomatis. Namun perlu diketahui kalau tak semua mengadopsi yang teknologi matik terbaru seperti CVT (continous variable transmission) salah satunya Daihatsu.

Semua model Daihatsu yang dipasarkan di dalam negeri masih menggunakan teknologi matik konvensional. Walaupun memang di negeri asalnya, merek yang berada di bawah Toyota ini sudah semua CVT.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ternyata punya alasan, mengapa pihaknya belum mengimplementasikan jenis tersebut di Indonesia. Dirinya menyebut kalau teknologi masih cukup mahal untuk dipasarkan di dalam negeri, walaupun ke depannya bukan tidak mungkin bisa dihadirkan.

Baca juga : Kenali Perbedaan Mobil Matik Konvensional dan CVT

Rendering Daihatsu Sirion Rendering Daihatsu Sirion

“Kami Juga ada nanti (di Indonesia), kalau di Jepang semua pakai CVT. Namun, jika ingin diterapkan untuk pasar di Indonesia harganya bagaimana cukup tidak, kemudian dari sisi kompetisi bagaimana,” ujar Amelia, Kamis 11/1/2018).

Ketika ditanyakan, apakah Sirion terbaru yang akan pertama kali menggunakan transmisi CVT, Amelia juga masih malu-malu mengungkapkannya. Model mobil kota terbaru Daihatsu ini, rencananya bakal meluncur bulan depan di Tanah Air.

Audi Tarantini, EC Advantage Stage Evaluation Department, Test and Validation Division (R&D) ADM juga mengatakan, kalau penggunaan transmisi CVT ke depannya bukan tidak mungkin akan dilakukan. Apalagi kalau kompetitor sudah melakukannya.

“Dari segi cost lebih efisien yang konsvensional, tapi untuk near future dengan perkembangan teknologi kompetitor yang kami perhatikan, jadi ada kemungkinan kesempatan untuk menggunakan CVT,” ujar Audi.

Baca juga : Datsun Cross Dipastikan Pakai CVT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com