Rasakan Sensasi Berkendara Layaknya Pebalap F1 dengan "Paddle Shift" - Kompas.com

Rasakan Sensasi Berkendara Layaknya Pebalap F1 dengan "Paddle Shift"

Alsadad Rudi
Kompas.com - 07/01/2018, 09:42 WIB
Honda City 2017 varian CVT memiliki paddle shift dan ECON mode.Febri Ardani/Otomania Honda City 2017 varian CVT memiliki paddle shift dan ECON mode.

 

Jakarta, KompasOtomotif - Perkembangan teknologi dunia otomotif membuat kini semakin banyak fitur canggih di dunia balap yang tersemat di mobil produksi massal, bahkan di mobil-mobil kelas menengah sekalipun. Salah satunya adalah "paddle shift" pada mobil-mobil bertransmisi otomatis. Keberadaan fitur ini ditandai dengan adanya dua tuas yang berada di balik kemudi.

Meski belum semua menggunakannya, saat ini sudah mulai banyak mobil matik di Indonesia yang dilengkapi paddle shift. Di antaranya adalah mobil-mobil matik Honda, seperti Civic, All New Jazz, dan All New City.

Baca juga : Kepincut Fitur Start Stop dan Paddle Shift Outlander Sport

Dalam sejarahnya, paddle shift merupakan salah satu fitur yang terpasang di mobil balap Formula 1. Fungsinya untuk menaik atau turunkan transmisi. Pemasangan tuas di balik kemudi bertujuan agar pebalap lebih konsentrasi mengemudi dan kedua tangannya tetap fokus pada setir.

Tombol seperti paddle shift di setir memudahkan pengoperasiannya.captured via Youtube Tombol seperti paddle shift di setir memudahkan pengoperasiannya.

Direktur Pemasaran Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, pemasangan paddle shift lebih bertujuan menambah sensasi dalam berkendara. Tidak ada saran khusus ataupun pelarangan mengenai penggunaannya. Karena paddle shift dapat digunakan di segala macam kondisi. Sehingga digunakan atau tidaknya fitur ini sesuai selera pengemudi.

"Ini lebih seperti otomatis transmisi, cuma perpindahan giginya diatur oleh tangan layaknya F1," kata Jonfis kepada KompasOtomotif, Jumat (5/1/2017).

Paddle shift dapat diaktifkan dengan cara menekan tuas saat mobil berada di posisi transmisi D atau S. Saat diaktifkan pada posisi D, paddle shift akan beroperasi dengan metode semi manual. Saat posisi ini, transmisi akan berubah secara otomatis saat mesin mendeteksi waktu pergantian gigi. Namun pengemudi masih bisa tidak menggunakan tuas di balik kemudi.

Transmisi otomatis Innova terbaru dengan tipe 6 percepatanKompasOtomotif Transmisi otomatis Innova terbaru dengan tipe 6 percepatan

Penggunaan paddel shift yang murni seperti di mobil F1 baru terjadi jika tuas dipindah ke posisi S. Pada posisi ini, perpindahan transmisi benar-benar harus dilakukan sendiri oleh pengemudi. Caranya dengan menekan tuas di sisi kanan untuk menaikan gigi, dan apabila ingin menurunkannya tinggal menekan tuas di sisi kiri.

Baca juga : Makin Keren, All-New Fortuner Pakai Paddle Shift

"Jadi fokus pengemudi tetap pada setir dan hanya feeling indranya yang akan menggerakan jari untuk melakukan perpindahan transmisi dan merasakan sensasinya," ucap Jonfis.

PenulisAlsadad Rudi
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM