Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pergi Cek Lagi Saldo Uang Elektronik

Kompas.com - 31/12/2017, 09:23 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

Jakarta, KompasOtomotif - Pergi merayakan malam pergantian tahun baru dengan mobil pribadi merupakan salah satu akternatif, selain menggunakan motor dan transportasi umum seperti kereta dan bus kota. Untuk pengguna mobil, jalan tol merupakan rute yang biasanya dilintasi dalam perjalanan ke tempat tujuan. 

Saat ini, hampir semua pengelola jalan tol mewajibkan penggunaan kartu tol ataupun uang elektronik untuk proses pembayaran. PT Jasa Marga mengimbau agar pengguna mobil pribadi mengecek kembali saldo kartu tol maupun uang elektronik sebelum memulai perjalanan.

Baca juga : 91 Persen Jalan Tol di Indonesia Sudah Terapkan Non-Tunai

"Selain memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi, selalu pastikan pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/12/2017).

Kemacetan panjang terjadi di pintu keluar tol Cikampek hingga Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, Jumat (25/7/2014). Puncak arus mudik Lebaran 2014 diperkirakan terjadi hari ini. KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES Kemacetan panjang terjadi di pintu keluar tol Cikampek hingga Simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, Jumat (25/7/2014). Puncak arus mudik Lebaran 2014 diperkirakan terjadi hari ini.

Menurut Dwimawan, memastikan tercukupnya saldo penting untuk memastikan kelancaran perjalanan. Jangan sampai pengguna kendaraan sudah mengantre lama dan panjang, namun mengalami masalah tidak bisa membayar tol saat sudah berada di gerbang tol akibat kehabisan saldo kartu.

Menjelang pergantian tahun baru seperti saat ini, potensi antrean panjang di gerbang tol sangat mungkin terjadi. Dwimawan mencontohkan meningkatnya volume kendaraan yang melintas di gerbang tol Cikarang Utama pada Jumat (29/12/2017). Pada tanggal tersebut, Jasa Marga mencatat ada 87.000 kendaraan yang melintas di gerbang tol Cikarang Utama. Jumlah tersebut meningkat 12,5 persen dibanding hari normal.

"Peningkatan ini bahkan lebih tinggi dari prediksi sebelumnya sebanyak 86.000 kendaraan," ucap Dwimawan.

Selain memastikan tercukupnya saldo, Jasa Marga juga mengimbau pengguna kendaraan untuk rajin mengecek informasi melalui akun media sosial resmi Jasa Marga baik di Instagram dan Twitter, Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, aplikasi Mobile JMCARe yang dilengkapi fitur push notifications, dan website http://www.jasamarga.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com