Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru PCX 150 Bukan Kudeta NMAX

Kompas.com - 15/12/2017, 14:56 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Target penjualan Honda All-New PCX 150 sebesar 150.000 unit per tahun menurut Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya. Dari situ bisa terbaca strategi AHM melahirkan generasi baru PCX 150 bukan buat menggulingkan Yamaha NMAX, setidaknya dalam tahun pertama.

Pada 2016, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), NMAX terjual sekitar 234.000 unit. Pada Januari – Oktober tahun ini, semakin banyak masyarakat membeli skuter maxi itu sebab tercatat penjualannya sudah menyentuh 289.000 unit.

All-New Honda PCXFebri Ardani/KompasOtomotif All-New Honda PCX

Target 150.000 unit buat PCX 150 yang penjualannya baru dimulai tahun depan cuma kira-kira setengah hasil NMAX pada tahun ini. Hal itu disadari Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma.

“Saat ini saya mesti menjawab PCX 150 masih kecil karena NMAX kan sudah masuk sejak tiga tahun lalu dan sudah punya brand yang sangat kuat. Kami kan baru masuk, jadi tidak bisa tiba-tiba membalikan keadaan 180 derajat, sepertinya tidak mungkin juga,” kata Inuma.

Meski begitu Inuma menyebut kondisi seperti itu hanya dalam jangka waktu dekat, sebab dia meyakini penjualan generasi baru PCX 150 secara bertahap akan semakin tumbuh besar.

Prediksi untuk tahun depan, NMAX tetap unggul namun Yamaha sebaiknya jangan gegabah sebab kini PCX 150 punya senjata mematikan yakni harganya yang turun drastis Model lama PCX 150 versi impor Vietnam dijual Rp 40-an juta, sedangkan generasi baru kisaran harganya Rp 27 juta – Rp 32 juta.

Baca: 6 Modal All-New PCX 150 buat Lawan NMAX

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com