Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Besar Honda Indonesia, Berlaga di MotoGP

Kompas.com - 05/12/2017, 17:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Astra Honda Motor (AHM) sangat serius membina para pebalap muda di Indonesia. Targetnya tidak main-main, yaitu menembus pentas MotoGP.

Rencana itu dikerjakan terstruktur, dimulai dari lokasi pembinaan pebalap belia, Astra Honda Racing School, yang berdiri sejak 2010. Pebalap muda asal Surabaya, Gerry Salim, yang sudah memberikan prestasi tertinggi, yakni juara umum Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas AP250, berasal dari situ.

Baca: Gelar Pertama Tim Honda Indonesia di Balap Asia

Prestasi Gerry terbaik saat ini, namun buat Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma, itu hanya selangkah lebih maju untuk target sebenarnya. Masih ada berbagai langkah lain yang harus dilewati buat mencapai MotoGP.

“Saya mau bicara tentang tujuan akhir, tentu saja MotoGP. Kami cuma butuh beberapa tahun lagi,” kata Inuma, di Sirkuit Buriram, Thailand, Sabtu (2/12/2017).

Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Gerry Salim nomor 31, menjelang finis di balapan pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production 250, di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Sabtu (2/12/2017).Febri Ardani/KompasOtomotif Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Gerry Salim nomor 31, menjelang finis di balapan pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas Asia Production 250, di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Sabtu (2/12/2017).

Beruntung

Inuma mengatakan, cukup sulit masuk ke MotoGP, sebab ada jenjangnya, dimulai dari Moto3 dan Moto2. Bukan cuma butuh keahlian pebalap agar bisa masuk ke sana, tetapi juga keberuntungan. Sebab dalam balapan, hal tidak terduga bisa terjadi kapanpun.

“Mungkin banyak hal yang mesti datang bersamaan lalu pebalap kita bisa ke MotoGP. Kita harus lakukan satu per satu langkah itu, lalu nanti jalan ke MotoGP yang akan mendatangi kita,” ucap Inuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com