Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi Keselamatan Baru Toyota untuk 2018

Kompas.com - 02/12/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota Motor Corporation (TMC) bakal meluncurkan deretan fitur keselamatan generasi terbaru, mulai 2018. Salah satu rancangannya, adalah mencegah kendaraan menabrak pejalan kaki dan pengendara sepeda pada malam hari.

Dari siaran resmi TMC global, fitur tersebut termasuk generasi kedua dari Toyota Safety Sense. Sistem dengan bantuan kamera dan radar akan menuntun pengemudi menghindari tabrakan, ataupun memperkecil resiko kecelakaan.

Toyota Safety Sense memiliki beberapa fungsi, dan fitur utamanya seperti Pre-Collision System (PCS), yang membantu mencegah dan mengurangi tabrakan dengan kendaraan atau pejalan kaki di depan mobil. Lalu ada Lane Departure Alert (LDA), mencegah kendaraan keluar dari jalur, selanjutnya Automatic High Beam (AHB) yang memastikan visibilitas di depan yang optimal saat berkendara di malam hari.

Baca juga : Optimis, TKDN Toyota Indonesia Bakal Lampaui Thailand

Mengidentifikasi pejalan kaki dan pesepeda di mlam hari sebagai bahaya yang terdeteksi oleh PCS (Pre-Collision System).Istimewa Mengidentifikasi pejalan kaki dan pesepeda di mlam hari sebagai bahaya yang terdeteksi oleh PCS (Pre-Collision System).

Toyota pertama kali memperkenalkan Safety Sense pada tahun 2015, di mana fitur tersebut sudah tersedia pada hampir seluruh model kendaraan penumpang Toyota di Jepang, Amerika Utara, dan Eropa. Pembuat mobil akan memasang fitur berteknologi baru secara bertahap mulai dari 2018.

Generasi kedua Toyota Safety Sense yang akan meluncur pada pertengahan 2018, harapannya bisa mencegah kecelakaan dan mengurangi jumlah kematian dan luka akibat kecelakaan lalu lintas, dan memudahkan beban pengemudi.

Melalui pembaruan teknologi ini, Toyota menyoroti ada perluasan cakupan deteksi bahaya, dan peningkatan fungsi melalui perbaikan kinerja kamera dan radar. Kemudian mereka memanfaatkan fitur pendukung lanjutan dari Lane Tracing Assist (LTA).

Peluncuran generasi kedua TSS utamanya di Jepang, Amerika Utara, dan Eropa, dan dimulai dengan model baru yang meluncur pada awal 2018. Tidak menutup kemungkinan Toyota bakal memasarkan teknologi ini di wilayah lain, tapi perlu riset terlebih dahulu apakah lingkungan mendukung penggunaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com