Gratis Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota, Paling Lama 3,5 Jam - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Gratis Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota, Paling Lama 3,5 Jam

Dimas Wahyu
Kompas.com - 30/11/2017, 09:07 WIB
Komponen airbag Takata yang diganti di sejumlah mobil Toyota Dimas Wahyu Komponen airbag Takata yang diganti di sejumlah mobil Toyota

KOMPAS.com - Pecahan logam yang mungkin terpental dari airbag Takata memerlukan perhatian khusus bagi para pengguna mobil.

Takata sendiri hingga saat ini melakukan produksi besar-besaran terhadap komponen airbag pengganti sebagai bentuk tanggung jawab.

Gara-gara itu pula, kampanye penggantian komponen kemudian digaungkan di seluruh dunia, salah satunya oleh lembaga keselamatan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat.

Mereka mengumpulkan data mobil- mobil di negaranya karena memang airbag Takata bermasalah ini terpasang di banyak sekali merek mobil.

Baca: Perlu Tahu, Takata Suplai Airbag Honda, Toyota, Mercy, sampai Ferrari

Di Indonesia, Toyota Astra Motor kemudian mengadakan kampanye untuk mengundang pemilik mobil yang terdata perlu penggantian komponen airbag.

Baca: Gratis Penggantian "Airbag" Takata di Bengkel Toyota

Untuk tahu apakah sebuah mobil Toyota harus dibawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan penggantian komponen airbag, pengguna bisa mengeceknya di internet.

Baca: Soal "Airbag" Takata, Pengguna Toyota Bisa Cek di Laman Ini

“Lama perbaikannya untuk satu mobil tergantung, berkisar 1 jam sampai 3,5 jam. Kalau seperti Yaris, Vios, ya satu jam lebih sedikit,” kata Iwan Abdurahman, Workshop Department Head, Technical Service Division Toyota Astra Motor.

Waktu perbaikan 3,5 jam sendiri hanya berlaku untuk Alphard. Sebab, airbag itu terpasang di area yang bersifat kompleks.

Suasana bengkel Toyota.TAM Suasana bengkel Toyota.

“Alphard karena komponennya lebih banyak, lebih kompleks, ya kira-kira butuh 3,5 jam. Soalnya bidangnya kan lebih luas ya,” tambah Iwan.

Baca: Mau Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota? Begini Prosesnya...

Menurut pihak Toyota Astra Motor, penggantian airbag ini berlaku untuk 97.978 mobil Toyota, sementara data sebelumnya sebesar 40.280 unit. Data ini sesuai dengan yang diberikan oleh Takata selaku produsen komponen airbag.

Jumlah itu sendiri terbagi untuk Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), dan Yaris (2006-2012).


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDimas Wahyu
EditorDimas Wahyu
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM