Mau Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota? Begini Prosesnya - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Mau Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota? Begini Prosesnya

Dimas Wahyu
Kompas.com - 28/11/2017, 16:16 WIB
Toyota Astra Motor Workshop Sunter, Jakarta Utara.Dimas Wahyu Toyota Astra Motor Workshop Sunter, Jakarta Utara.

KOMPAS.com - Bahayanya airbag Takata produksi tertentu karena bisa melontarkan serpihan logam saat mengembang membuat sejumlah lembaga terkait mengambil langkah cepat.

Terlebih lagi, airbag Takata yang bermasalah ini dipasang di banyak merek mobil. Data merek mobil dan tahun produksinya sendiri, untuk di Amerika Serikat, tersedia di situs lembaga keselamatan Amerika, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Baca: Perlu Tahu, Takata Suplai Airbag Honda, Toyota, Mercy, sampai Ferrari

Di Indonesia, Toyota Astra Motor membuat halaman serupa sebagai bagian dari program penggantian komponen gratis Toyota Safety Campaign 3P (Pastikan, Periksa, Perbaiki) dengan alamat di toyota.astra.co.id/ssc.

Lalu apa yang dilakukan jika ingin mengecek dan melakukan penggantian komponen gratis tersebut? Yang pertama adalah membuka situs Toyota Astra tersebut, atau menghubungi nomor telepon 1-500-315.

“Masuk ke website, ketik nomor rangka untuk tahu mobil terlibat atau tidak. Di situ terdapat nomor telepon 1-500-315. Hubungi nomor itu,” kata Iwan Abdurahman, Workshop Department Head, Technical Service Division Toyota Astra Motor.

Baca: Gratis Penggantian "Airbag" Takata di Bengkel Toyota

Jika memang mobil Toyota yang digunakan konsumen masuk dalam daftar tersebut, petugas dari nomor hotline itu akan menanyakan domisili atau bengkel yang dipilih konsumen untuk proses penggantian komponen airbag.

“Akan ditanya soal domisili atau bengkel pilihan konsumen karena ada konsumen yang di Jakarta Barat tetapi maunya ke bengkel (pusat) Toyota di Sunter,” kata Iwan.

Petugas akan menghubungi bengkel yang dipilih konsumen untuk menyediakan jadwal penggantian airbag. Selanjutnya, pihak bengkel yang dituju akan menghubungi konsumen.

“Nanti bengkel bersangkutan yang akan mengontak pelanggan tersebut. Nanti ketika datang ke bengkel, cek ulang dengan membawa STNK untuk cek nomor rangka,” tambahnya.

Bagian airbag mobil Toyota Astra Motor yang diganti dalam kampanye perbaikan dunia untuk produk Takata.Dimas Wahyu Bagian airbag mobil Toyota Astra Motor yang diganti dalam kampanye perbaikan dunia untuk produk Takata.
Sejauh ini, Toyota Astra Motor meneruskan data dari Takata bahwa perbaikan mobil Toyota di Indonesia berlaku untuk 97.978 mobil. Angka ini merupakan data terbaru berdasarkan informasi sebelumnya sebesar 40.280 unit.

Jumlah ini terbagi untuk Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), dan Yaris (2006-2012).

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDimas Wahyu
EditorDimas Wahyu
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM