Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjatuh, Dovizioso Salah Pakai Strategi Ban?

Kompas.com - 12/11/2017, 22:55 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Valencia, KompasOtomotif – Keseruan laga terakhir musim 2017 di Valencia, Spanyol diwarnai dengan tergelincirnya beberapa pebalap, yang salah satunya Marc Marquez. Meski begitu dirinya berhasil selamat dan melanjutkan kembali balapan.

Pabalap lainnya yang terperosok ke tepian trek di antaranya Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo, Aleix Espargaro dari Aprilia dan Mika Kallio tim KTM. Tidak seberuntung Marquez, mereka semua harus menerima nasib, tidak menyelesaikan balapan sampai garis finish.

Tentunya yang paling mengenaskan adalah pebalap dari tim Ducati, Dovizioso, sebagai penantang kuat gelar juara dunia 2017. Dovi dipaksa menghentikan balap di sisa lap keenam, setelah motornya tak bisa lagi menyala setelah terjatuh.

Baca juga : "Team Order" Diabaikan Lorenzo di Valencia

Namun, jika melihat penggunaan ban, rata-rata pebalap yang jatuh menggunakan komposisi ban sama. Dari data yang dilansir Crash.net, ban yang digunakan yaitu di bagian depan hard dan belakang soft.

Apakah ini bisa jadi alasan kalau, salah memilih ban jadi malapetaka untuk pebalap tersebut? Pasalnya, bukan hanya satu saja yang terjatuh, tapi lima pebalap sekaligus termasuk Marquez, meskipun dirinya masih dipayungi dewi fortuna untuk bisa melanjutkan balap, sampai garis finish.

Sementara sang juara Valencia Dani Pedrosa, lebih memilih menggunakan ban depan hard dan belakang medium. Lalu Johann Zarco dari Monster Yamaha Tech 3 lebih berbeda lagi, di mana ban depan berjenis soft, begitu juga dengan belakangnya.

Zarco juga tidak mengikuti strategi tim pabrikannya, di mana Valentino Rossi dan Maverick Vinales, lebih memilih ban depan medium dan belakang soft. Berikut data lengkapnya.

Penggunaan Ban di GP Valencia 2017.Crash.net Penggunaan Ban di GP Valencia 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com