Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Team Order” Ducati Diabaikan Lorenzo di Valencia?

Kompas.com - 12/11/2017, 22:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Valencia, KompasOtomotif – Selain cerita Marquez dan Dovizioso, GP Valencia juga disuguhi drama-drama menarik, termasuk salah satunya saat Jorge Lorenzo yang seperti tak mau diperintahkan oleh tim Ducati memberi jalan kepada Dovizioso.

Saat balapan sangat krusial memasuki sepertiga putaran terakhir, Dovizioso yang tertahan di posisi kelima harus diberi jalan agar mendekat ke barisan depan dan memperbesar kemungkinan untuk menang. Ducati pun dengan jelas melakukan apa yang disebut ”team order”.

Hingga balapan kurang 12 putaran lagi, Dovizioso tertahan di belakang Lorenzo. Tim memberi perintah kepada Lorenzo, sama seperti saat di Malaysia, yakni dengan menggunakan kode ”mapping 8”. Kode tersebut seharusnya muncul pada dashboard Lorenzo.

Belum pasti apa arti kode tersebut, tapi diyakini itulah perintah untuk memberi jalan Dovizioso agar lebih terbuka bertarung di depan. Namun setelah pesan itu datang, sampai beberapa lap, Lorenzo masih bertahan di posisi keempat di depan Dovi.

Baca Juga: Video Detik-detik Dovizioso Kecelakaan di Valencia

”Kode keras” pun kembali diberikan tim dari papan informasi untuk Lorenzo. Papan yang biasa dipakai untuk menginformasikan posisi dan siapa pebalap di belakangnya itu pun informasinya diubah.

Bagian bawah, yang biasa dipakai untuk memberi informasi nama pebalap dan catatan waktu di belakang, diganti dengan tanda panah ke bawah, yang artinya, perintah untuk turun satu posisi, memberi jalan Dovizioso.

Perintah itu pun masih tak digubris Lorenzo, hingga balapan menyisakan enam putaran. Kejadian pun begitu cepat, dan Lorenzo akhirnya tergelincir. Tak berapa lama kemudian, Dovizioso juga ikutan melakukan kesalahan hingga terperosok di tikungan kedelapan.

Belum diketahui penyebab Lorenzo tak memberi jalan Dovizioso. Semua akan diketahui saat konferensi pers, dan layak ditunggu komentar dari para pebalap.

Baca Juga: Pakai Teknik Khas, Marquez Mampu Selamat dari Kecelakaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com