Marquez, Pebalap Muda Empat Kali Juara Dunia - Kompas.com

Marquez, Pebalap Muda Empat Kali Juara Dunia

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 12/11/2017, 21:10 WIB
Marc Marquez berhasil meraih juara dunia keempatnya di 2017.Motorsport.com Marc Marquez berhasil meraih juara dunia keempatnya di 2017.

Valencia, KompasOtomotif – Pebalap muda tim pabrikan Honda Marc Marquez, berhasil jadi jawara dunia MotoGP 2017 di rumahnya sendiri Valencia, Minggu (12/11/2017) meski finish di urutan ketiga. Dirinya berhasil mempertahankan gelar yang sudah diraihnya juga pada 2016 lalu.

Jika ditotal sepanjang karirnya di kelas premier MotoGP sejak memulainya pada 2013, sudah empat kali pebalap Spanyol ini juara. Kemenangan ini tentu menjadikannya sebagai pebalap termuda, yang sudah meraih empat kali kemenangan.

Marquez berhasil finish di urutan pertama sebanyak enam kali tahun ini, dengan total naik podium sebanyak 12 kali. Sedangkan untuk pole position-nya berjumlah delapan kali.

Baca juga : Dovizioso Jatuh, Marquez Juara Dunia MotoGP 2017

Pebalap dengan julukan “Baby Alien” ini, pertama kali mencapai puncak tertinggi ajang balap kelas dunia ini pada tahun perdananya 2013 lalu. Pada laga terakhir di Valencia kala itu, Marquez hanya finish di posisi ketiga, di mana juaranya Jorge Lorenzo dan posisi kedua podium ada Dani Pedrosa.

Marc Marquez berhasil meraih gelar juara dunia keempat di 2017.MotoGP Marc Marquez berhasil meraih gelar juara dunia keempat di 2017.

Kejutan tak berhenti sampai situ, Marquez kembali gemparkan jagad balap dengan kembali memenangkan laga bergengsi itu pada tahun berikutnya di 2014. Baby Alien menyempurnakan nilainya sampai 362 poin, dengan 13 kemenangan.

Bahkan yang lebih mencengangkan lagi, di tahun tersebut Marquez meraih podium juara berturut-turut sepanjang 10 seri. Mulai dari situ keberadaan Marquez tak bisa lagi diremehkan, dan menjadi penantang kuat bagi senior-seniorya seperti Rossi dan Lorenzo.

Sempat puasa gelar juara dunia pada 2015, di mana berhasil diraih oleh Lorenzo, Marquez kembali menjuarai MotoGP pada 2016. Dirinya bahkan sudah mengklaim juara dunia, saat musim 2016 masih menyisakan satu seri lagi.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM