Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi ”Motor Anti-Jatuh” dari Honda

Kompas.com - 02/10/2017, 18:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Honda

Tokyo, KompasOtomotif – Jelang penampilan akbar di Tokyo Motor Show 2017 akhir bulan ini, Honda membuka keran informasi selebar-lebarnya soal produk yang akan dipamerkan. Salah satu yang unik adalah sepeda motor dengan alat keseimbangan yang disebut Riding Assist-e Concept.

Sepeda motor ini mirip dengan Honda Riding Assist Concept yang dipamerkan dalam ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017 di Las Vegas tahun ini. Tapi bedanya, versi yang akan dipamerkan di Tokyo tak pakai bensin, tapi cukup dengan tenaga listrik.

Riding Assist-e Concept tak menggantungkan keseimbangan dari giroskop yang berat, tetapi ”mempekerjakan” teknologi robotik. Honda meminjam teknologi ini dari kendaraan personal yang disebut Uni-Cub.

Baca: Mobil Listrik Sport Baru Honda, Meluncur Sebentar Lagi

Honda menggunakan frame trelis yang menyangga baterai dan motor elektrik. Kendaraan ini punya poros penggerak pada swingarm satu sisi untuk mentransfer daya. Radiator menghadap ke belakang dipasang tepat di bawah tempat duduk.

Honda Riding Assist-e Concept menggunakan teknologi robotik untuk menyeimbangkan diri.Honda Honda Riding Assist-e Concept menggunakan teknologi robotik untuk menyeimbangkan diri.
Port pengisian ulang baterai ada di sisi kiri motor, dan Honda membekalinya dengan beberapa mode berkendara untuk menyesuaikan kondisi dan gaya pengendara.

Pada suspensi, motor konsep ini menggunakan garpu teleskopik di depan dan monosok Pro-Link di belakang. Pelek alloy-nya dibalut ban Bridgestone. Rem menggunakan peranti cakram dengan kaliper dari Nissin.

Lampu depan dan belakang pakai LED. Sementara instrumen digital menunjukkan kecepatan dan yang unik, ada petunjuk sudut kemiringan kendaraan.

Jika diproduksi kelak, sepeda motor seperti ini diyakini sangat ideal untuk membantu para pemula berkendara. Detailnya akan dikupas Honda saat pameran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Honda
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com