Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Jepang, Honda CBR250RR Asal Indonesia Inden

Kompas.com - 25/09/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Model sport CBR250RR yang diekspor Astra Honda Motor (AHM) masih didominasi untuk Jepang saja. Sementara daerah lainnya belum disebut oleh pihak PT Astra Honda Motor (AHM).

Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, mengatakan, kalau produk yang diproduksi di dalam negeri ini mendapat respons positif di negara asal. Sejak awal diluncurkan, sepanjang kuartal satu, sampai kedua, pemesanannya menumpuk, bahkan sampai inden.

CBR250RR ini sangat merebut animo dan diakui oleh para konsumen Jepang, bahkan dalam waktu 3 hari inden mencapai ribuan konsumen, dan harus menunggu sampai dengan akhir tahun,” ujar Thomas kepada KompasOtomotif,  Jumat (22/9/2017).

Baca juga : Banyak Negara Jatuh Hati pada Honda CBR250RR

Thomas menambahkan, soal pasar di luar negeri, Jepang merupakan wilayah yang potensi segmen sport-nya masih berkembang dan stabil. “Dalam waktu satu bulan, produksi CBR250RR di Jepang mencapai 400 unit,” ucap Thomas.

Pengiriman ekspor CBR250RR ke Jepang, disebut Thomas dalam kondisi terurai penuh (completely knocked down/CKD). Pantas saja, angka ekspor (CKD) tidak tercantum di dalam data distribusi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

“Untuk ekspor CBR250RR, sejak dari awal dikirm dalam bentuk CKD ke Jepang, bukan dalam bentuk CBU. Ini karena disesuaikan dengan peraturan masing-masing negara tujuan,” ucap Thomas.

Jika di Jepang sedang bergairah, berbanding terbalik dengan yang ada di pasar Indonesia, melemah sampai 17 persen. Bahkan diprediksi akan terkoreksi sampai akhir 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com