Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2020, Mitsubishi Mulai Jualan SUV Listrik

Kompas.com - 25/09/2017, 17:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Tak mau ketinggalan, Mitsubishi bakal menggulirkan kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV) berbasis SUV kecil. Produk tersebut akan dijual di Jepang, Amerika Serikat, Eropa dan pasar lainnya awal 2020-an.

Mengutip Nikkei, Senin (25/9/2017), Mitsubishi akan berbagi teknologi elektrifikasi, dengan Renault dan Nissan, sebagai pendukung strategi EV aliansi tersebut. Pasalnya wilayah Inggris, Perancis, dan China mulai beralih ke EV, dengan membatasi kendaraan bertenaga bensin, dan aliansi tersebut tak ingin kehilangan momen.

Model yang mungkin adalah e-Evolution  terbaru, yang akan ditampilkan pada Tokyo Motor Show (TMS) 2017 bulan depan. Aliansi Renault-Nissan telah menjual sekitar 500.000 EV di seluruh dunia. Mereka kini juga telah memiliki teknologi baterai dan control system, seperti Nissan Motor Leaf dan Mitsubishi i-MiEV.

Baca juga : Mitsubishi Evo “Is Back”

Mitsubishi akan memproduksi dua dari 12 model EV yang akan dipasarkan aliansi ke pasar pada tahun 2022. Kendaraan listrik yang diproduksi, seperti kendaraan full electric dan plug-in hybrid, ditargetkan bakal mencapai 30 persen dari total kendaraannya pada 2022.

Merek berlambang tiga berlian tersebut juga akan mengembangkan versi mobil listrik pertama, dari SUV kompak RVR . Model ini juga akan mempertimbangkan sharing platform dengan induknya Nissan.

Kendaraan bermesin bensin akan tetap menjadi tulang punggung jualan, tapi aliansi tersebut berharap dapat menciptakan citra sebagai “advanced automaker” dengan meluncurkan EV, melalui hasil pengembangan sendiri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com