Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat dengan Karoseri Bus Tourista Terbaru

Kompas.com - 14/09/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Semarang, KompasOtomotif – Perusahaan karoseri  dalam negeri Laksana Bus, baru saja meluncurkan model body baru untuk kelas medium, All New Tourista, di Semarang, Selasa (12/9/2017). Tipe baru ini disebut kompatibel dengan sasis milik Hino, Mitsubishi dan Isuzu.

Jika biasanya pembahasan soal spesifikasi mobil penumpang, kali ini coba sedikit memperkenalkan gaya dari karoseri bus medium terbaru milik Laksana. Model Tourista diklaim sudah cukup populer, dan penjualannya diklaim apik sejak diperkenalkan perdana 2012 lalu.

Eksterior

Mulai dari bagian luar, Tourista terbaru disebut jauh berubah dibanding model terdahulu. Paling terasa ubahannya sekarang pada lampu depan, yang kali ini lebih simple, elegan, bernuansa modern dan lebih terasa agresif, layaknya robot Transformer.

“Lampu ini didesain 100 persen oleh tim R&D Laksana. Ini yang membuat kami menjadi karoseri pertama di Indonesia yang mendesain lampu depan dan belakangnya sendiri. Kami mendesain ini dan dibuat di China,” ujar Kusririn, R&D Manager Laksana Bus, Rabu (13/9/2017).

Masih dari bagian luar, kedua lampu Tourista mengapit grille depan yang sudah mendapat revisi, untuk menyesuaikan konsep gagah dan agresif, di mana sebelumnya berupa garis-garis, kali ini seperti honeycomb berbentuk segi enam.

Baca juga : Transjakarta, Dorong Bisnis Karoseri Laksana

Lampu depan Tourista didesain sendiri di dalam negeri.Ghulam/KompasOtomotif Lampu depan Tourista didesain sendiri di dalam negeri.

Pada sisi kanan dan kiri, dilengkapi dengan ornamen berbahan aluminum ekstrusi, menjulur dari ujung depan sampai dengan belakang. Tidak hanya soal estetika, desain model baru ini juga memperhatikan aspek fungsional.

“Sebagai contoh yaitu ornamen samping yang terbuat dari aluminum ekstrusi tersebut, berfungsi sebagai talang air, yang secara modular dapat dengan mudah dilepas, untuk proses penggantian kaca samping,” tutur Kusririn.

Interior

Kemudian masuk ke bagian dalam, kapasitas kursi bisa dimaksimalkan sampai 31 seat, yang dilengkapi fitur-fitur pendukung, di antaranya Air Vent terbaru yang bisa mengakomodasi pemasangan pengeras suara (speaker) secara terintegrasi.

Demi memanjakan penumpang, Tourista punya LED TV 24 inci yang terpasang di bagian depan, lengkap dengan DVD Player dengan empat speaker plus subwoofer PA System.

Soal keamanan dalam berkendara, All New Tourista mengadopsi sebuah desain yang memberikan visibilitas sangat baik terhadap situasi disekitar kendaraan, dari sudut pandang pengemudi. Terkait kebutuhan penumpang, Laksana memberikan ruang bagasi barang yang terluas di kelasnya.

Banderol untuk body bus medium terbaru milik Laksana ini, Alvin Arman, Direktur Keuangan menuturkan, masih belum memastikan harganya, tapi kemungkinan akan dipasarkan dikisaran Rp 300 jutaan.

All New Tourista.Ghulam/KompasOtomotif All New Tourista.

All New Tourista.Ghulam/KompasOtomotif All New Tourista.

All New Tourista.Ghulam/KompasOtomotif All New Tourista.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com