Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laksana Bus, dari Jawa Tengah Sampai ke Mancanegara

Kompas.com - 13/09/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Semarang, KompasOtomotif – Selain memenuhi pasar dalam negeri, perusahaan karoseri Laksana asal Semarang, Jawa Tengah, juga mengekspor kreasinya ke wilayah Fiji. Mereka juga berencana terus memperluas pasar ekspor ke negara lain.

Stefan Arman, Direktur Teknik Laksana Bus mengakui, membuka pasar ekspor memang tidak sekedar membalikkan telapak tangan, perlu usaha berlebih, seperti salah satunya menyesuaikan produk dengan regulasi di masing-masing negara, terlepas dari unsur kualitas yang jadi keniscayaan.

“Menyoal ekspor sendiri, kami sudah berhasil melakukannya ke Kepulauan Fiji, di mana sampai saat ini pengirmannya sudah sampai 200 unit lebih sejak 2009. Dua hari lalu saja, kami juga baru mengirimkan empat atau lima bus ke sana,” ucap Stefan, Selasa (12/9/2017).

“Memang marketnya tidak besar. Tentunya regulasi masing-masing negara cukup ketat, jadi tidak semudah memproduksi baju. Jika ingin mengikutinya, kami harus melakukan perubahan, tanpa komitmen yang penuh maka akan sulit,” ucap Stefan.

Proses pembuatan body Laksana Bus.Ghulam/KompasOtomotif Proses pembuatan body Laksana Bus.

Baca juga : Karoseri Menunggu Pesanan dari Geliat Pembangunan

Afrika dan Asia Tengah

Selain Fiji, Stefan mengatakan kalau mereka juga memiliki konsumen lain di wilayah Asia, seperti Bangladesh juga India. Di mana pasar ekspor tersebut menjadi terbuka karena kerjasama dengan produsen bus seperti Scania dan Hino.

Alvin Arman, Direktur Keuangan Laksana Bus menambahkan, pihaknya juga sedang berusaha menembus pasar Afrika. Namun masih enggan menyebut secara spesifik, tujuan negara atau wilayah mana yang dituju.

“Iya kami juga sedang mengupayakan juga, dan semoga dalam waktu dekat kami bisa masuk juga ke Afrika. Rencananya untuk model bus besar Discovery. Soal potensi pasarnya masih belum tahu, yang pasti sedang kami garap,” tutur Alvin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com