Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan "Wholesale" Toyota Lebih Baik dari Industri

Kompas.com - 25/07/2017, 16:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Semester pertama tahun ini, Toyota membukukan total wholesales 195.288 unit dengan market share 36,6 persen. Pencapaian tersebut tumbuh ”double digit” atau 11,9 persen dibandingkan semester I/2016 yang tercatat 174.541 unit dengan pangsa pasar 32,8 persen.

Raihan itu ternyata jauh di atas pertumbuhan pasar otomotif nasional. PT Toyota Astra Motor (TAM) menyodorkan data, bahwa potomotif Indonesia pada semester I/2017 total membukukan wholesales 533.903 unit, atau tumbuh 0,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Henry Tanoto, Vice President Director Toyota-Astra Moto (TAM) menyebutkan bahwa produk-produk baru yang diluncurkan Toyota pada semester pertama tahun ini mendapatkan respons positif di pasar otomotif nasional.

”Kinerja positif ini juga berkat segmen MPV yang berkontribusi lebih dari 70 persen dari total wholesales Toyota sepanjang semester I, di mana segmen ini mencatatkan penjualan lebih dari 140.000 unit,” ujar Henry dalam siaran resmi (25/7/2017).

Pada segmen MPV, Toyota memang hadir paling lengkap ketimbang merek lain di Indonesia. Banyak pilihan di setiap segmen menjadikan MPV sebagai tulang punggung. Mulai entry segment seperti Calya, low segment dengan Avanza dan Veloz, Sienta di medium segment, ditambah Innova plus Venturer. Lalu ada luxury segment dengan Alphard dan Alphard Hybrid.

Sepanjang tahun ini, Toyota telah meluncurkan Venturer, New Corolla Altis, dan New Agya sebagai perwujudan dari strategi Beyond Product. Sedangkan Beyond Technology Toyota hadir melalui teknologi mesin yang lengkap seperti Hybrid, Valvematic, Dual VVT-I, dan VNTurbo.

Sementara, strategi Beyond Service hadir melalui komitmen menghadirkan ”peace of mind” bagi pelanggan, dengan adanya lebih dari 300 outlet resmi yang terbesar di seluruh wilayah di Indonesia sampai wilayah kabupaten.

”Adanya strategi tersebut, kami berharap terus memberikan sesuatu yang melebihi ekspektasi pelanggan, sehingga pada akhirnya mendorong pertumbuhan penjualan dan mempertahankan posisi sebagai market leader. Pada 2017, kami berharap dapat meraih market share minimal 35 persen,” kata Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com