Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
LAPORAN LANGSUNG DARI OKAZAKI, JEPANG

Kejutan Harga "MPV Sejuta Umat" Mitsubishi

Kompas.com - 18/07/2017, 11:48 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Okazaki, KompasOtomotif - Salah satu indikator penting pilihan konsumen saat membeli produk mobil multiguna bawah (low MPV) adalah harga. Fitur secanggih apapun, performa mesin sebaik apapun, atau desain terkeren sekalipun, akan kalah bila harga tidak kompetitif.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sangat sadar akan masalah harga, yang bakal disematkan buat model terbarunya, small MPV. Untuk itu penentuan harga jual masih sangat diperhitungkan, agar produk ini bisa bersaing ketat dengan kompetitor yang sudah ada, seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

"Soal harga memang sangat sensitif di Indonesia, dan bakal menjadi penentu buat konsumen saat akan membeli mobil. Kami masih merumuskan harga yang sangat pas dengan konsumen Indonesia, yang jelas harganya akan mengejutkan," jelas Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group MMKSI, yang ikut mendampingi wartawan ke Jepang, akhir pekan lalu.

Imam melanjutkan, soal penentuan harga juga tidak bisa sembarangan atau terlalu murah atau terlalu mahal. "Konsumen di Indonesia itu unik, terlalu murah bisa gengsi, kemahalan pun tidak dilirik. Ini yang membuat sampai saat ini kami masih menghitung soal harga," jelas Imam lagi.

Baca: Desain Luar Dalam Mobil Sejuta Umat Mitsubishi Terungkap

Lalu, bila mencari harga yang pas buat konsumen sambil membidik kisaran harga kompetitor, Mitsubishi belum memberikan bocorannya. Kabar yang sudah beredar sejak lama, harga awal small MPV Mitsubishi ini berkisar dari Rp 170 jutaan sampai Rp 230 juta.

Bila menilik kisaran harga tersebut, boleh jadi harga small MPV Mitsubishi bakal yang termurah dibanding kompetitor. Tengok saja harga terendah Avanza, Mobilio dan Ertiga saat ini ada di angka Rp 185 juta ke atas. Sedangkan harga tertinggi tiga model tersebut memang di kisaran Rp 240 jutaan.

Harga kompetitor small MPV Mitsubishi
Avanza 1.3 MT  Rp 189,7 juta
Veloz 1,5 AT Rp 236 juta

Honda Mobilio S MT Rp 189,5 juta
Honda Mobilio RS CVT Rp 243,5 juta

Suzuki Ertiga 1.4 GA Rp 186 juta
Suzuki Ertiga Dreza GS A/T Rp 239,5 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com