Uji Performa Mobil Sejuta Umat Mitsubishi - Kompas.com
Laporan Langsung dari Okazaki, Jepang

Uji Performa Mobil Sejuta Umat Mitsubishi

Azwar Ferdian
Kompas.com - 17/07/2017, 08:35 WIB
Menguji small MPV Mitsubishi di JepangMMKSI Menguji small MPV Mitsubishi di Jepang

Okazaki, KompasOtomotif - Bagaimana pengalaman menguji langsung small MPV tebaru dari Mitsubishi? KompasOtomotif menjadi salah satu yang beruntung bisa merasakan perfoma mobil tersebut, langsung di area pengujian resmi Mitsubishi, di Okazaki, Jepang.

Arena tes yang tersedia sangat mumpuni. Mulai trek lurus di aspal mulus yang panjang, tes kemiringan layaknya balapan di sirkuit Nascar, sampai tes di aspal "hancur" seperti kebanyakan karakter jalanan di Indonesia.

Saat duduk di balik kemudi, kursi depan terasa sedikit memeluk tubuh dari belakang. Awak redaksi masih tertarik dengan material kemudi dan jok yang ternyata tidak bisa dikatakan standar. Ini nyaris setara dengan mobil Eropa yang terkenal luks.

Baca: Bocoran Fitur MPV Terbaru Mitsubishi

Mesin yang sudah menyala saat penguji duduk di kursi pengemudi, coba dimatikan kembali dan dihidupkan (strategi pengemudi buat melihat nama asli dari mobil ini yang tertera di panel instrumen). Suara deru mesin saat starter, ternyata nyaris tidak terdengar. Bahkan saat mesin idle (langsam) suara mesin juga tidak menyelinap masuk ke dalam kabin.

Model yang diuji adalah tipe transmisi otomatis dengan tuas transmisi yang bersahabat, tidak terlalu jauh dan dekat dengan jangkauan tangan kiri. Masuk ke D (Drive), respons di awal agak lambat karena karakter dari mesin DOHC, 1,5 liter. Tapi saat masuk ke putaran menengah dan atas, mesin terbilang responsif dan mampu meladeni kecepatan yang diminta saat kaki menginjak pedal gas.

Hal yang cukup mengejutkan adalah di sektor handling, kemudi tidak terlalu berat dan juga tidak terlalu ringan. Manuver-manuver dilakukan dalam kecepatan sedang, mampu diredam dan minim gejala body roll seperti pada low MPV lainnya.

Selain itu, saat masuk ke area jalanan aspal yang tidak rata, sistem suspensi juga mampu memberikan redaman agar kabin tetap nyaman. Rahasianya ada di sistem kemudi dan suspensi yang menggunakan teknologi mirip dengan Lancer Evolution X.

Baca : Desain Luar Dalam Mobil Sejuta Umat Mitsubishi Terungkap

"Sistem kemudi dan handling yang menurut saya sangat mengejutkan. Ini nyaman seperti kalau kita naik sedan tapi bisa diajak bandel buat melibas jalanan hancur seperti kita naik SUV," jelas pebalap nasional Rifat Sungkar yang ikut mendampingi wartawan menguji small MPV Mitsubishi di Jepang,

Ada batasan pembahasan teknis agar tidak terlalu detail buat menjaga kerahasiaan. Data spesifikasi utuh juga tidak diberikan kepada penguji, seperti data output daya dan torsi mesin 1,5 liter tersebut.

Akan tetapi, gambaran akhir yang bisa dibeberkan, small MPV Mitsubishi ini bakal sesuai dengan karakter mobil multi guna yang dibutuhkan konsumen Indonesia, baik dari segi responsif mesin, handling saat berkendara, serta efisiensi bahan bakar.

Baca: Uji Performa Mobil Sejuta Umat Mitsubishi

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAzwar Ferdian
EditorAgung Kurniawan
Komentar