Laporan Langsung dari Okazaki, Jepang

Desain Luar Dalam Mobil Sejuta Umat Mitsubishi Terungkap

Kompas.com - 17/07/2017, 07:15 WIB
Menguji small MPV Mitsubishi di Jepang MMKSIMenguji small MPV Mitsubishi di Jepang
|
EditorAgung Kurniawan

Okazaki, KompasOtomotif - Apa yang terbayang bila bicara mobil multiguna atau multi purpose vehicle (MPV) atau bahasa lebih umum lagi, mobil sejuta umat? Jawaban utama adalah desain yang "biasa saja", kabin yang lapang dan bahan bakar efisien.

Mobil sejuta umat di Indonesia adalah segmen yang sangat menjanjikan buat produsen otomotif di Indonesia. Bagaimana tidak, hampir 40 persen penjualan mobil disumbangkan oleh segmen ini, meski terbagi lagi menjadi MPV compact, low MPV dan LCGC MPV.

Semua pemain besar industri otomotif menceburkan diri di segmen ini, dengan menawarkan gimmick bahwa mobilnya adalah yang paling pas buat konsumen Indonesia. PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat ini menjadi pemain terakhir yang tampil di di segmen low MPV dengan produk yang masih diberi nama small MPV.

Baca: Bocoran Fitur MPV Terbaru Mitsubishi

Keuntungan buat MMKSI sebagai pemain terakhir tentu saja bisa merekam semua kelebihan dan kekurangan produk kompetitor untuk dielaborasi di produk terbaru tersebut, hingga menjadi model terbaru yang bisa saja didambakan konsumen Indonesia.

Small MPV Mitsubishi yang masih ditutup kamuflaseMMKSI Small MPV Mitsubishi yang masih ditutup kamuflase

Desain eksterior
Tsunehiro Kunimoto, Corporate Vice President Design Division Mitsubishi Motor Corporation menjelaskan, strategi desain dikembangkan dari desain asli Mitsubishi yang mudah dikenali dengan tetap memberikan konsistensi pada setiap line-up produk.

"Konsep dasar desain small MPV Mitsubishi ini adalah warisan desain yang dipadukan dengan evolusi. Jadi tantangannya evolusi mobil di masa depan berpadu dengan warisan desain yang kami miliki," jelas Kunimoto di Jepang.

Baca: Menguji MPV Sejuta Umat Mitsubishi, tapi...

Terkait small MPV Mitsubishi, Kunimoto mengatakan desainnya adalah perpaduan antara Pajero Sport dan Lancer Evolution X. Dengan wajah depan dynamic shield yang tangguh layaknya SUV, namun seirama dengan keanggunan serta performa Evo X.

Bila sedikit digambarkan, wajah depan calon pembunuh Avanza-Xenia ini memang terbilang atraktif tapi tidak terkesan norak. Ada sedikit sentuhan All-New Pajero Sport dengan aksen yang lebih sederhana, dengan permainan tata lampu yang apik.

Di bagian samping, gambaran otot yang terbawa dari depan memanjang ke bodi samping untuk memberikan kesan kekar. Dan bagian belakang, ada sentuhan permainan lampu belakang dengan desain yang benar-benar baru.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X