Produksi Silang Mitsubishi-Nissan-Renault - Kompas.com

Produksi Silang Mitsubishi-Nissan-Renault

Donny Apriliananda
Kompas.com - 16/07/2017, 19:53 WIB
Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi siap berbagi platforma lebih banyak.autoinfo.co.th Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi siap berbagi platforma lebih banyak.

Yokohama, KompasOtomotif – Masuknya Mitsubishi Motors dalam aliansi Nissan-Renault membuat indikasi kemajuan makin besar untuk ketiga merek tersebut. Berdasarkan rilis laporan terbaru aliansi, (13/7/2017), nilai sinergi tahunan sudah bertambah lebih dari Rp 10 triliun dalam setahun. Angka itu diprediksi main berlipat dengan bergabungnya merek berlogo tiga berlian.

Masuknya Mitsubishi Motors, aliansi diharapkan dapat menghasilkan sinergi tambahan dari pengadaan dan logistik bersama, serta kerjasama lebih erat dalam hal lokalisasi, pemanfaatan pabrik, platform kendaraan, berbagi teknologi, dan perluasan kerjasama baik di negara mapan dan berkembang.

Mitsubishi juga diharapkan dapat memberi kontribusi kepada aliansi di berbagai bidang seperti kendaraan hybrid plug-in, pick-up, truk ringan, dan kendaraan sport, serta memperkuat pasar di kawasan ASEAN.

Common Module Family (CMF)

Arsitektur CMF didasarkan pada lima komponen utama yang memungkinkan para insinyur untuk mengganti modul, demi membuat ratusan varian. Aliansi telah mendapatkan manfaat signifikan dari CMF sejak diperkenalkan pada 2013.

Renault Kwid yang mulai dijual di India pada 2015, menjadi model aliansi pertama yang dibangun dengan menggunakan arsitektur CMF-A untuk segmen mobil kecil dan terjangkau. Tahun lalu, Nissan meluncurkan Datsun berdasarkan arsitektur CMF-A yang sama di India, yakni redi-GO.

Platforma CMF yang akan digunakan untuk mengembangkan mobil-mobil di bawah aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.media.blog.alliance-renault-nissan.com Platforma CMF yang akan digunakan untuk mengembangkan mobil-mobil di bawah aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.
Mobil-mobil ini berbagi lebih dari 60 persen komponen yang sama, namun tetap dapat menawarkan pengalaman merek yang berbeda kepada pelanggan.

Pada 2016, aliansi menyelesaikan sajian seluruh model mobil berdasarkan arsitektur CFM-C/D dengan diluncurkannya New Renault Scenic dan New Megane. Kendaraan Aliansi lainnya yang diproduksi dengan menggunakan arsitektur CFM-C/D termasuk Nissan Rogue, Qashqai, X-Trail, New Renault Espace, Kadjar, dan Talisman.

Pada 2020, Aliansi menargetkan 70 persen kendaraannya dibangun berdasarkan platform CMF. Pendekatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada penghematan biaya pengadaan komponen hingga 30 persen dan biaya produksi hingga 40 persen.

Sinergi

Produksi silang kendaraan terus menjadi pendorong utama sinergi manufaktur. Produksi silang memungkinkan Renault, Nissan, dan Mitsubishi Motors untuk memproduksi kendaraan di pabrik masing-masing dan lebih dekat ke tempat penjualan produk tersebut, serta demi meningkatkan pemanfaatan pabrik sehingga dapat mengurangi biaya.

Produksi New Nissan Micra dimulai di pabrik Renault di Flins, Perancis, pada 2016. Nissan memanfaatkan keahlian para teknisi di pabrik tersebut dalam membangun hatchback B-segment berkualitas tinggi. New Micra dibangun di atas V-Platform yang telah direvisi dan diperbarui dengan powertrain yang digunakan bersama oleh Micra dan Clio.

Nantinya tahun ini, Nissan akan memulai produksi truk pikap Renault Alaskan di pabrik Nissan di Barcelona, Spanyol.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAris F Harvenda
Komentar

Terkini Lainnya

Modal McLaren 720S Bertarung di Kelas 'Supercar'

Modal McLaren 720S Bertarung di Kelas "Supercar"

Produk
'Gatel Otomania' Sadarkan Perampas Fungsi Trotoar

"Gatel Otomania" Sadarkan Perampas Fungsi Trotoar

News
Rapor Mitsubishi Akhirnya 'Hijau' Pascaskandal Emisi

Rapor Mitsubishi Akhirnya "Hijau" Pascaskandal Emisi

News
Kubur Mimpi Honda Jazz Turbo

Kubur Mimpi Honda Jazz Turbo

News
Lexus Siapkan Dua Kejutan Agustus Mendatang

Lexus Siapkan Dua Kejutan Agustus Mendatang

News
Legenda Balap Motor, Angel Nieto Kecelakaan

Legenda Balap Motor, Angel Nieto Kecelakaan

Sport
Siapa yang Mau Honda Jazz Hybrid?

Siapa yang Mau Honda Jazz Hybrid?

News
Lexus Indonesia Mau Garap Mobkas

Lexus Indonesia Mau Garap Mobkas

News
“Wholesales” Lexus Paruh Pertama 2017 Melejit

“Wholesales” Lexus Paruh Pertama 2017 Melejit

News
Tipikal Konsumen McLaren di Indonesia

Tipikal Konsumen McLaren di Indonesia

News
Tiga Primadona Auto2000 pada Separuh Pertama 2017

Tiga Primadona Auto2000 pada Separuh Pertama 2017

News
SUV Lexus Masih Mendominasi Indonesia

SUV Lexus Masih Mendominasi Indonesia

News
Ketika E-Class Wagon Menjadi Liar

Ketika E-Class Wagon Menjadi Liar

Modifikasi
Lexus LC500, Jatah Cuma 10 Unit

Lexus LC500, Jatah Cuma 10 Unit

News
Honda Jazz Diharap Rangsang Pasar 'Hatchback'

Honda Jazz Diharap Rangsang Pasar "Hatchback"

News
Close Ads X