Menguji MPV Sejuta Umat Mitsubishi, tapi... - Kompas.com
Laporan langsung dari Okazaki, Jepang

Menguji MPV Sejuta Umat Mitsubishi, tapi...

Azwar Ferdian
Kompas.com - 17/07/2017, 07:00 WIB
Small MPV Mitsubishi yang masih ditutup kamuflaseMMKSI Small MPV Mitsubishi yang masih ditutup kamuflase

Okazaki, KompasOtomotif - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan kejutan dengan mengajak media nasional untuk merasakan langsung performa model terbarunya di kelas small multi purpose vehicle (MPV). Tes jalan berlangsung di area pengujian Mitsubishi di Okazaki, Jepang, Sabtu (15/7/2016).

KompasOtomotif menjadi salah satu media yang beruntung untuk bisa langsung merasakan mobil multiguna terbaru Mitsubishi tersebut. Akan tetapi, pengujian ini berbeda dengan pengujian mobil seperti biasanya. Sifatnya masih rahasia, dan awak media hanya diperbolehkan merasakan langsung sebagai pengemudi dan penumpang.

Bahkan, pengambilan gambar juga tidak diperbolehkan, dan awak media hanya bisa memberikan sedikit deskripsi terkait model yang akan bersaing Avanza-Xenia, Mobilio dan Ertiga ini.

Tapi tenang, ada banyak bocoran yang bisa KompasOtomotif berikan soal small MPV yang diadopsi dari XM Concept tersebut.

bagian belakang Small MPV MitsubishiMMKSI bagian belakang Small MPV Mitsubishi

Secara garis besar, desain yang diambil dari XM Concept tersebut tidak melenceng jauh. Bahkan versi produksinya hampir mendekati versi konsep yang sudah dipamerkan di Indonesia. Calon konsumen tidak perlu khawatir bila versi produksinya ternyata mengecewakan.

"Pengujian ini sifatnya rahasia, karena memang permintaan khusus dari prinsipal Mitsubishi. Rekan media bisa mengeksplorasi langsung mobil terbaru ini. Nanti ada waktunya buat memberikan informasi seutuhnya kepada publik," jelas Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group MMKSI, yang ikut mendampingi wartawan ke Jepang.

Lewati ekspektasi

Mitsubishi saat ini bisa dikatakan memang menjadi produsen yang paling lamban menelurkan produk MPV bawah. Bahkan tertinggal satu dekade lebih­ bila dibandingkan dengan raja MPV sejuta umat, Avanza dan Xenia.

Menguji small MPV Mitsubishi di JepangMMKSI Menguji small MPV Mitsubishi di Jepang

Belum lagi ada Mobilio dan Ertiga yang sudah merasakan nikmatnya segmen dengan penjualan terbesar di Indonesia tersebut. Rata-rata model ini bisa menjadi volume maker bagi tiap produsen, dengan angka penjualan yang jelas jauh di atas 1.000 unit per bulannya.

Tetapi, ini justru memberikan keuntungan lebih buat Mitsubishi untuk bisa mempelajari  kekurangan dari setiap kompetitor, dan bisa dijadikan kelebihan di produk terbarunya ini.

Gambaran mudahnya seperti ini, apa yang tidak tersedia dan terasa kurang di Avanza, Xenia, Ertiga, dan Mobilio, ada pada jagoan baru Mitsubishi ini. "Kami memang terlambat, karena itulah kami harus menjadi yang terbaik," jelas Imam lagi.

Nantikan pembahasan selanjutnya terkait desain, performa, handling, dan fitut-fitur mobil sejuta umat Mitsubishi ini di KompasOtomotif.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAzwar Ferdian
EditorAris F Harvenda
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM