Menjajal Kenyamanan Kabin Mazda CX-5 Terbaru - Kompas.com

Menjajal Kenyamanan Kabin Mazda CX-5 Terbaru

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 18/07/2017, 08:22 WIB
All-new Mazda CX-5 untuk Indonesia.Ghulam/KompasOtomotif All-new Mazda CX-5 untuk Indonesia.

Nusa Dua, KompasOtomotif – Distributor resmi Mazda di Indonesia, Eurokars Motor Indonesia (EMI) siap meluncurkan SUV CX-5, di pameran otomotif nasional, Agustus 2017 mendatang. Namun sebelum itu, KompasOtomotif  berksempatan untuk menjajalnya terlebih dahulu sepanjang Malang-Nusa Dua, Bali.

Bukan hanya duduk di kursi penumpang, tapi juga menjajalnya dari kokpit pilot Mazda All-new CX-5. Selain bagian luarnya, sisi interior juga mendapatkan penyegaran, di mana kedua sisi terebut menjadi prioritas untuk diperbarui kali ini.

Pertama masuk di kursi penumpang, nuansa mobil eropa cukup terasa. Kursi belakang, yang disebut sudah mendapat dudukan baru berkontur tiga dimensi, akan mengikuti bentuk tubuh, dan diakui lumayan memanjakan tubuh.

Untuk penumpang dengan tinggi 171 cm, baris kabin baris kedua ini memiliki legroom yang cukup lega dan leluasa. Kursi juga ternyata masih bisa di-reclining, meski sudut kemiringannya tidak begitu besar, tapi cukup mengakomodasi keinginan untuk meregangkan otot punggung.

Bangku baris kedua All-New Mazda CX-5 untuk Indonesia.Ghulam/KompasOtomotif Bangku baris kedua All-New Mazda CX-5 untuk Indonesia.

Fitur Pemanja

Disebut-sebut mencoba memberikan apa yang diminta kosumen, penghuni kursi belakang Mazda CX-5 terbaru disediakan jatah AC sendiri, yang ditempatkan konsol tengah, antara kursi pengemudi dan penumpang depan, lengkap dengan pengatur level kedinginannya.

Selain itu, bangku baris kedua juga ada tempat untuk meletakkan minuman, disertai dengan charging outlets. Lebih dari itu, komponen itu bermanfaat untuk mengistirahatkan tangan (armrest).

Ruang Kemudi

Akhirnya berkesempatan mengendarai CX-5, setelah mengantri untuk mendapatkan giliran. Tubuh redaksi KompasOtomotif tak sulit menyesuaikan posisi nyaman. Kursi bisa disesuaikan dengan pengaturan elektronik, termasuk tinggi rendahnya.

Lingkar kemudi juga sudah Tilt & Telescopic, untuk mendukung pengemudi bisa mendapatkan posisi berkendara yang sesuai, jadi tidak hanya mengatur kursinya saja. Fitur steering switch juga disematkan, agar driver tak kesulitan ketika ingin mengontrol head unit.

Interior depan All-New Mazda CX-5 untuk Indonesia.Ghulam/KompasOtomotif Interior depan All-New Mazda CX-5 untuk Indonesia.

Untuk tipe tertinggi CX-5 Elite, diberikan fitur Active Driving Display (heads-up display) yang punya tampilan berwarna. Melalu ini, pengemudi bisa mendapat informasi soal kecepatan dan yang lainnya di kaca depan, sehingga memungkinkan pengemudi fokus pada kondisi jalan dalam kecepatan tinggi, tanpa perlu melongok ke panel indikator di belakang kemudi.

Kesimpulan

Untuk ruang kemudi, Mazda CX-5 hampir tanpa celah atau kekurangan soal kenyamanan, dan penunjang berkendara.

Namun pada penumpang baris kedua, nampaknya akan lebih baik jika pada sisi kaca kanan dan kiri, ditambahkan gorden yang bisa dinaik-turunkan, untuk mengurangi silau pada bagian belakang, sehingga penumpan lebih nyaman.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM