Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-5 Tuai Pujian dari Lembaga Keselamatan Jalan

Kompas.com - 14/07/2017, 17:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Mazda CX-5 yang  baru saja mendapatkan penyegaran baru, kembali mendapatkan pujian tertinggi dari  Lembaga Keselamatan Jalan Raya atau Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). Ini merupakan penghargaan yang diterima selama tiga tahun berturut-turut.

Demi mendapat cap sebagai mobil teraman atau “Top Safety Pick+” dari lembaga independen asal Amerika tersebut, sebuah kendaraan ternyata harus bisa mencapai nilai tertinggi pada lima tes uji. Pengujiannya seperti tabrakan kecil depan, tabrakan sepenuhnya di sisi depan, tabrak samping, kekuatan atap, kemudian kualitas sandaran kepala dan kursi.

Model yang mengalami re-desain oleh Mazda ini lulus kelima uji tersebut, dan mendapatkan skor “superior” dalam kategori mitigasi kecelakaan. CX-5 2017 mampu menghindari tabrakan, baik dalam kecepatan 12 mph sampai 25 mph saat diuji pada sesi autobrake tests. Ini berkat fitur yang disematkan, seperti sistem Smart Brake and Smart City Brake Support.

Untuk pasar Indonesia jangan khawatir, karena pihak Eurokars Motor Indonesia (EMI), memboyong Mazda CX-5 dengan kelengkapan fitur tersebut, seperti diungkapkan Bonar Damarjati Pakpahan, Product Planning Expert.

Kemudian didukung juga oleh teknologi Mazda i-Activsense sebagai bantuan pengemudi, yang dilengkapi oleh emergency braking, radar cruise control, lane keep assist, traffic sign recognition dan head-up display.

Satu-satunya yang tidak begitu membanggakan dari Mazda CX-5, yaitu hasil uji pada ketegori lampu utama, yang hanya mendapat rating “Acceptable”.  Ini merupakan salah satu tes tambahan, yang penilaiannya sedang diperketat oleh regulator keselamatan jalan.

Mazda sekarang menjadi satu-satunya produsen, yang hampir seluruh line-up model 2017-nya berstatus “Safety Pick +”, di antaranya Mazda 3 dan Mazda 6, CX-3, CX-9, dan crossover tiga baris CX-9. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com