Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Swift Stop, Beri Jalan Baleno ”Hatchback”?

Kompas.com - 22/06/2017, 15:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Dari data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terbaru, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terindikasi sudah tak lagi mendistribusikan All New Swift sejak April 2017. Strategi apa? mari kita kupas.

Ya, dua bulan sudah All New Swift tak dikirimkan dari gudang ke diler. Ada dua kemungkinan terkait hal tersebut. Pertama, SIS akan meluncurkan generasi baru hatchback segmen-B itu, seperti yang sudah dilakukan di berbagai kawasan dunia.

Generasi baru Swift sudah meluncur di Jepang, Desember tahun lalu. Kemudian di beberapa negara Eropa juga sudah mulai dipasarkan, dan langsung mendapat sambutan cukup baik. Peluncuran di Indonesia kabarnya tinggal menunggu waktu.

Kemungkinan kedua, SIS memberi jalan Baleno hatchback yang akan meluncur tak lama lagi. Model ini memang akan masuk di segmen yang sama. KompasOtomotif sempat menanyakannya kepada Direktur Pemasaran SIS Donny Saputra, dan strategi soal dua model ini akan dibeberkan kemudian.

So, kemungkinan mana yang paling mungkin? Sepertinya yang kedua. SIS sudah menyatakan bahwa Baleno hatchback akan meluncur duluan. Bahkan bukti otentik soal aktivitas distribusi Baleno terbaru itu memperkuat dugaan ini.

Baca:Suzuki Baleno Hatchback dan Persiapan Suzuki

Donny pun sempat mengatakan bahwa justru Baleno hatchback inilah lawan sesungguhnya Honda Jazz dan Toyota Yaris di segmen hatchback, dilihat dari sisi dimensi. Apalagi, Swift generasi baru secara data, bakal tak lebih tinggi dari generasi keduanya.

Swift terbaru dirancang di atas platform Heartect yang memangkas bobot, menambah kekakuan, serta memperbaiki performa ketimbang model lama. Swift terbaru ini lebih panjang 10 mm (3.840 mm), memangkas tinggi 10 mm (1.525 mm). Sedangkan lebarnya sama, 1.695 mm.

Apalagi jika dihubungkan dnegan performa penjualan, Swift memang kembang-kempis. Januari hanya terkirim 47 unit, Februari 4 unit, dan Maret 41 unit. Tahun lalu total hanya 844 unit, bandingkan dengan Jazz yang terjual 8.300-an unit dan Yaris di angka 7.500-an unit.

Memberi kesempatan Baleno hatchback berbicara lebih banyak akan menjadi opsi yang lebih masuk akal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com