Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Tabrak, Tiga Bintang untuk Suzuki Swift Baru

Kompas.com - 02/06/2017, 11:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Brussels, KompasOtomotif – Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP) merilis hasil tes tabrak yang dilakukan untuk Suzuki Swift generasi terbaru. Dalam tes yang menggunakan varian dasar berfitur keamanan standar itu, hasilnya cukup baik, mendapatkan tiga bintang dari lima maksimal.

Peranti keamanan hatchback ini sebenarnya cukup lengkap. Swift varian dasar (versi Eropa) sudah dilengkapi dengan kantung udara depan (pengemudi dan penumpang), kepala samping (pengemudi, penumpang depan-belakang), dada bagian samping, dan pinggul.

Swift baru juga sudah dilengkapi ISOFIX dan pengingat penggunaan sabuk pengaman. Dalam tes, skor yang diperoleh adalah 83 persen untuk perlindungan penumpang dewasa, 75 persen perlindungan untuk bocah, 69 persen perlindungan pejalan kaki, dan 25 persen untuk peranti keselamatan.

Euro NCAP juga mengetes varian yang lebih lengkap, atau sudah dibekali dengan fitur keselamatan pendukung seperti Radar Brake Support dan Autonomous Emergency Braking (City & Inter-Urban). Pada tipe ini, Swift meraih empat bintang.

Di Indonesia, tampaknya Swift terbaru akan didatangkan dari India, produk dari Maruti Suzuki. Kabar yang dilansir indianautosblog, model ini baru akan diproduksi pada Oktober mendatang.

Tentu kita belum mendapat kepastian soal spesifikasi, dan sepertinya, tak akan selengkap fitur keamanan seperti yang dijual di Eropa. Berikut video tes tabrak Swift terbaru dari Euro NCAP:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com