Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Sebut Stonic Jadi "Senjata Pamungkas"

Kompas.com - 22/06/2017, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif – Merek mobil asal Korea Selatan, Kia, mulai cari perhatian di pasar otomotif global, lewat produk barunya Stonic yang akan dijual di Eropa. Peluncuran resmi rencananya dilakukan pada pameran mobil di Frankfurt, Jerman, September 2017.

Setelah tampang nyatanya disebar dua hari lalu, Senin (20/6/2017), di media maya, pihak Kia menyebutkan kalau model ini merupakan senjata pamungkas Kia, untuk serbu segmen sub-kompak SUV atau crossover yang sedang tumbuh di industri otomotif.

Kia Stonic punya tampilan sporty terinspirasi oleh SUV miliknya di segmen yang lebih besar, seperti Sportage and Sorento. Stonic juga mempertahankan gril dengan bentuk seperti ”Hidung-Harimau” yang khas.

Model kebanggaan Kia ini akan tersedia di Eropa dengan 20 kombinasi warna two-tone, dan juga memiliki lima pilihan warna berbeda untuk bagian atap mobil tersebut. Stonic akan menjadi model kunci bagi Kia di Eropa, di mana segmen crossover kecil diperkirakan akan menghasilkan 2 juta penjualan tahun depan.

Baca juga : Tampang Nyata Rival HR-V dari Korsel

“Segmen sub-kompak SUV atau crossover diharapkan bakal menyalip segmen SUV kompak pada 2020 di Eropa. Lebih dari itu, satu dari sepuluh mobil baru yang dijual di Eropa berasal dari segmen Stonic," ujar Michael Cole, Chief Operating Officer Kia Eropa.

Setelah pasar Eropa, Stonic akan dijual di Amerika Serikat kemungkinan akan menyusul segera setelah debut Amerika Utara di pameran otomotif Los Angeles pada November 2017. Stonic punya dimensi panjang 4.140mm dan lebar 1.760mm.

Di Eropa, Stonic akan tersedia dengan mesin bensin 1.0L, 1.25 L dan 1.4L, serta bakal menawarkan juga mesin diesel 1.6L. Sementara untuk pasar Amerika Serikat, Kia belum mengonfirmasi. Menarik, jika Kia Indonesia juga akan memboyong Stonic ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com