Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bonus Demografi Disebut Tanpa Pengaruh ke Vespa

Kompas.com - 21/06/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Indonesia diperkirakan akan mengalami bonus demografi, yang dimulai pada 2020 dan mencapai titik kulminasi pada 2030. Usia produktif (15-64 tahun) nantinya bakal lebih besar dari non-produktif (0-14 tahun), dan ini ditandai naikknya jumlah kelas menengah.

Kondisi ini bukan tidak mungkin bisa jadi peluang bagus pada pertumbuhan industri otomotif, salah satunya roda dua premium. Namun, Piaggio Indonesia tampak tidak begitu antusias, dengan fenomena ini.

“Jadi kalau bonus demografi kan dari sisi pendapatan mereka, tapi yang harus di pertimbangkan lagi adalah behavior mereka. Meski mereka punya uang, tapi kerelaan buat mereka spending bagaimana?,” ujar Andre Sanyoto, Direktur Marketing Piaggio Indonesia, Senin (19/6/2017).

Baca juga : Toyota Mulai Garap Seriusi Segmen Millenial

“Karena di beragam industri secara ekonomi masih aman, tapi konsumen tidak begitu royal seperti dahulu. Kalau dari sisi premium (termasuk Vespa) tidak terlalu kena dampaknya, karena audience kami tidak hanya mengejar fungsional tapi juga emosional,” ujar Andre.

Andre menambahkan, kalau bonus demografi akan lebih berpengaruh pada pada produk-produk mainstream, seperti merek-merek sepeda motor asal Jepang. 

“Pasti, pasti ada efek positifnya, tapi tidak sebesar kalau yang merek mainstream. Selain behavior, dari buying power juga berbeda, soal keinginan untuk mereka (kelas menengah) mengeluarkan uang,” ucap Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com