Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson ”Recall” Model Touring Bikinan 2017

Kompas.com - 03/06/2017, 17:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Milwaukee, KompasOtomotifHarley-Davidson (H-D) melakukan recall 45.589 unit model touring. Hal ini karena pengikat untuk mencegah kebocoran oli pendingin pada mesin ditengarai tak terpasang sebagaimana mestinya.

Tindakan ini menimpa model touring H-D 2017, termasuk Electra Glide Ultra Classic, Road King, Road King Special, Street Glide, Street Glide Special, Road Glide, Road Glide Special, Police Electra, dan Police Road King.

Berdasarkan dokumen yang dirilis National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA-Lembaga keselamatan jalan raya AS), menunjuk pengikat saluran oli pendingin dengan kode suku cadang 10198, 10080, dan 10344 sebagai biang.

Komponen tersebut terpasang pada sepeda motor touring produksi 2 Juli 2016 sampai 9 Mei 2017. Tidak terpasangnya pengikat dengan benar memperbesar kemungkinan adanya kebocoran, dan dikhawatirkan mesin tiba-tiba kekurangan pelumas.

Masalah ini ditemukan pada 7 Maret 2017 silam setelah adanya tetesan oli pendingin mesin saat diler H-D menguji sepeda motor untuk melakukan tes dyno. Laporan dari diler ini ditindaklanjuti perusahaaan dengan me-review motor-motor konsumen dan laporan garansi, sekaligus membuka investigasi formal.

Berliku
Penyelidikan hentikan pada 13 April setelah komite investigasi yang berhubungdan dengan recall tidak menemukan adanya masalah sistemik. Seminggu kemudian, H-D menerima laporan adanya kecelakaan yang berhubungan dengan bocornya oli sepeda motor, membuat perusahaan meneruskan kembali investigasi.

Lalu, pada 20 April hingga 9 Mei, investigator memulai review kembali konsumen dan mengecek laporan garansi, sembari memeriksa ulang personel pabrik. H-D lalu mendapati ada sembilan laporan tentang masalah ini, termasuk dua di antaranya terjadi kecelakaan.

H-D lalu memulai proses recall pada 15 Mei 2017 lalu, dan memerintahkan semua diler untuk menginspeksi semua sepeda motor yang terdampak dan membetulkan pengikat oli pendingin mesin sebagaimana mestinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com