Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru, Balap di Sirkuit Jalan Raya Indonesia Hadir Lagi

Kompas.com - 25/05/2017, 09:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Ingatkah Anda, beberapa tahun silam, muncul sirkuit jalanan pertama di Indonesia yang berada di daerah Lippo Karawaci, Tangerang? Sayang, setelah sukses menggelar banyak agenda, area tersebut tak lagi aktif. Tapi kini, nuansa seru balap jalan raya kembali bisa dinikmati.

BSD City, kota mandiri yang dikembangkan Sinar Mas Land, siap menjadi tuan rumah ajang kejuaraan nasional (kejurnas) balap mobil 2017. Tema agendanya adalah ”BSD City Grand Prix", yang disiapkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia.

Ajang yang diketuai oleh pebalap nasional Ananda Mikola itu siap digeber di sirkuit jalan raya yang disebut BSD City Circuit, berlangsung selama tiga hari, 18-20 Agustus 2017. Sirkuit baru jalan raya itu terbentang membelah lokasi elit BSD City, dengan jarak total sekitar 3 km.

Agenda ini diklaim mendapat dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Beragam fasilitas dan infrastruktur pendukung seperti rumah sakit besar, hotel, dan tranportasi, menjadi faktor penunjang standarisasi dibangunnya sebuah sirkuit di BSD City.

”BSD City Grand Prix digelar sesuai dengan standarisasi yang dibutuhkan sebuah sirkuit pada umumnya, dan dibangun dengan standar keselamatan yang tinggi,” ujar Panji Himawan, Head of Corporate Communications Sinar Mas Land.

Sirkuit
Adapun lintasan sirkuit didesain dengan format Street Circuit (non-permanent), memanfaatkan jalan-jalan di kawasan BSD City.

Trek ini mengacu putaran searah jarum jam dengan lebar antara 9,25 m -10,5 m. Terdapat 12 tikungan pada street circuit ini, di antaranya dua hairpin corner seperti sirkuit Monaco dan dua chicane corner seperti pada sirkuit Monza, Italia.

Sebelum digunakan lomba, sirkuit ini dapat digunakan untuk kegiatan track day atau test drive mulai 10 – 17 Agustus 2017, bertepatan dengan penyelenggaraan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Sirkuit jalan raya macam ini juga diharapkan bisa meningkatkan kemampuan para pembalap Indonesia untuk berlomba-lomba menaklukan street circuit, tak melulu dilakukan di Sentul yang masih menjadi satu-satunya arena balap resmi dan berkelas internasional di Indonesia.

Sinar Mas Land Kejurnas balap mobil seri ke-4 akan digelar di sirkuit jalan raya BSD City, Tangerang.
Kejurnas
BSD CITY Grand Prix ini merupakan seri ke-4 dari kejurnas balap mobil 2017 yang terdiri dari total tujuh seri lomba. Kejuaraan yang ditetapkan IMI untuk 2017 ini adalah ITCC , ETCC 200, dan ETCC 3000, serta beragam perlombaan lainnya yang akan diikutsertakan pada ajang ini seperti MB-INA race, STC, dan lainnya.

ITCC Indonesian Touring Car Championship merupakan kejuaraan mobil berkapasitas maksimal 1.600 cc dan dimodifikasi. Kelas lainnya, ETCC 3000 atau European Touring Car Championship 3000 merupakan kejuaraan mobil produksi Eropa dengan kapasitas mesin 3.000 cc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com