Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP di Sirkuit Jakabaring, Oktober 2018

Kompas.com - 01/11/2016, 13:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Sepang, KompasOtomotif - Pembangunan sirkuit di kawasan Jakabaring, Palembang, diestimasi bakal bisa digunakan pada Oktober atau November 2018, pasca gelaran ASEAN Games. Dana yang dibutuhkan kurang lebih mencapai Rp 500 miliar.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, kalau saat ini lahan yang akan dibangun masih berupa rawa-rawa, dengan total lahan mencapai 120 hektar. Luas lahan ini diklaim sudah memenuhi standar yang ditetaplkan Dorna.

"Iya lahannya saat ini masih mentah atau rawa, nanti kita akan sulap menjadi sirkuit. Jadi pada bulan Oktober atau November 2018 sudah bisa digunakan untuk MotoGP. Lahan tersebut ada di seberang danau," ujar Alex saat dijumpai di Sepang, Minggu (30/10/2016).

Alex melanjutkan, kalau sebelumnya lahan ini rencananya akan dibangun lapangan golf, tapi akhirnya itu urung dilakukan. Alex beralasan kalau dirinya lebih berminat menjadikan itu sebagai sirkuit yang bisa dinikmati masyarakat semua kalangan.

"Tadinya untuk golf, tapi pertimbangan kami golf itu hanya untuk kalangan tertentu dan terbatas. Penontonnya saja tidak boleh jika ingin tepuk tangan. Lalu diputuskanlah akhirnya membuat sirkuit," ujar Alex.

Sadikin Aksa, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia menambahkan, untuk mengejar target tersebut, peletakan batu pertama atau pembangunan, harus sudah dimulai pada Februari 2016. "Ini waktunya sangat ketat jadi kami harus benar-benar melakukannya," ujar Sadikin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com