Jamah “Pasir Berbisik” Bromo dengan BMW Seri X - Kompas.com

Jamah “Pasir Berbisik” Bromo dengan BMW Seri X

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 17/05/2017, 07:42 WIB
Ghulam/KompasOtomotif BMW X3 diesel saat dipacu di medan pasri Gunung Bromo.

Jakarta, KompasOtomotif – Jika biasanya ditemani mobil-mobil off-road 4x4 lawas betenaga badak, untuk menjelajah wilayah berpasir Gunung Bromo, kali ini bisa dikatakan pengalaman langka. Menjelajah rumah suku Tengger dengan mobil premium asal Jerman, BMW.

Mengerahkan semua armada Seri X, ajang “BMW Destination X Bromo” ini mempersilahkan semua peserta untuk mengendarai semua line up.  Di sini, semua fitur yang diunggulkan, seperti salah satunya teknologi penggerak semua roda xDrive, yang bisa diuji secara langsung.

Fokus pada model X3, atau varian paling bawah dari Seri X yang sudah mengadopsi teknologi xDrive. Berkendara di padang pasir Bromo sudah cukup percaya diri. Menunggangi yang mesin diesel 2.0L dengan common rail direct injection dengan solenoid valve injectors, kemampuannya menerabas medan pasir tidak kesulitan.

Di atas kertas model yang pertama diperkenalkan pertama pada 2014 ini, punya tenaga mencapai 190 tk dan torsi maksimum menjadi 400 Nm. Ketika rombongan X Series beriringan, berkeliling gunung bromo, X3 tidak kedodoran mengikuti varian lebih tingginya.

Teknologi xDrive yang sudah disematkan, memastikan kendaraan bisa terus melaju di atas pasir. Sistem Intelligent All-wheel Drive tersebut menjamin traksi tetap bida dicapai dalam kondisi ekstrim apapun.

Saat menjajal, KompasOtomotif menyalakan fitur Dynamic Taction Control (DTC) dan menggunakan mode berkendara comfort dan sport. Nampaknya memang akan lebih seru jika DTC-nya dimatikan, tapi redaksi belum punya kesempatan melakukannya, karena waktu terbatas. Walaupun begitu, keseruan dan kekaguman akan performa Seri X cukup sulit dibantah.

Soal kenayamanan, sudah tidak perlu diragukan juga kemampuannya memanjakan pengemudi dan penumpang. Meski di luar mobil medan yang dijelajahi ekstrim, tapi di kabin nuansa premium masih bisa membuat betah penghuni mobil.

Kesimpulannya sederhana, jika pada varian terbawah Seri X dengan xDrive saja sudah mumpuni, bagaimana untuk varian di atasnya seperti X5, tentu akan lebih luar biasa. Simak video keseruannya.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM