Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diler i BMW Astra Telan Investasi Rp 108 Miliar

Kompas.com - 25/04/2017, 16:16 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Serpong, KompasOtomotif – PT Astra International Tbk-BMW Sales Operation (AI-BSO) bersama PT BMW Indonesia baru saja meresmikan ”i dealership” pertama yang berlokasi di Serpong, Tangerang. Berbeda dengan diler BMW Grup Astra sebelumnya, investasi yang dikucurkan diakui lebih besar, mencapai Rp 108 miliar.

Teguh Widodo, Manajer Operasional AI-BSO, dalam konferensi pers usai peresmian, (25/4/2017), mengatakan bahwa investasi sebesar itu dibagi utuk tanah RP 66 miliar, sisanya untuk bangunan serta peralatan, termasuk pendukung servis BMW i8.

KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI CEO PT Astra International Fredy Handjadja (kiri), Presiden Direktur BMW Group Indonesia Karen Lim (dua kiri), Presiden Direktur PT Astra Internasional Prijono Sugiarto (dua kanan) dan Direktur PT Astra Internasional Djony Bunarto Tjondro saat peresmian diler BMW Serpong di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Selasa (25/4/2017). Diler BMW Serpong ini merupakan diler resmi pertama di Indonesia yang memiliki akses dan fasilitas dalam menangani kendaraan-kendaraan BMW seri i.
”Investasi di Serpong berbeda dengan tujuh diler kami yang lain (milik AI-BSO), karena memang BMW i butuh peralatan khusus,” ujar Teguh.

Di lain sisi, CEO AI-BSO Fredy Handjaja menyatakan bahwa pihaknya tertarik membangun i dealership yang pertama di Indonesia karena meyakini bahwa kendaraan hybrid di masa depan akan berkembang pesat.

”Memang saat ini belum banyak, kami pun masih punya BMW i8. Tapi ke depan, akan bertambah (populasinya), di mana eranya akan masuk era hybrid. Astra melihat potensi ini, dan kami memutuskan bahwa ingin menjadi diler hybrid yang pertama,” ujar Fredy.

KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana saat peresmian diler BMW Serpong di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Selasa (25/4/2017). Diler BMW Serpong ini merupakan diler resmi pertama di Indonesia yang memiliki akses dan fasilitas dalam menangani kendaraan-kendaraan BMW seri i.
Fredy mengakui, investasi di sisi man power dan peralatan yang berhubungan dengan kelistrikan butuh waktu yang cukup panjang. BMW Astra harus memastikan dukungan mekanik yang tersertifikasi, terutama yang berhubungan dengan elektrikal.

Dirinya juga tidak khawatir dengan skala ekomoni, apakah sebanding antara investasi dan potensi pasar ke depan, karena showroom BMW Serpong tak hanya menjual i-Series, tetapi semua line up BMW.

”Potensi Serpong sangat baik dengan pasar yang potensial. Parameternya dari ekonomi daerah, dan secara demografi setelah kami petakan, banyak juga konsumen BMW yang tinggal di Serpong, Alam Sutera, dan sekitarnya,” ujar Fredy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com