Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Punya Kewajiban Publikasi Data Mobil?

Kompas.com - 01/03/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Data penjualan wholesales mobil dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari 2017, belum kunjung dipublikasi. Namun saat dikonfirmasi pihak Gaikindo, mengatakan data tersebut sedang dalam proses pengolahan.

Keterlambatan publikasi ini, kabarnya karena adanya kekhawatiran akan imbas dari kasus yang menimpa Astra Honda Motor (AHM) dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang dinyatakan bersalah melakukan penetapan harga oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Pertanyaannya, apakah ada kewajiban Gaikindo untuk menginformasikan data tersebut ke publik?

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo mengatakan, kalau kewajiban sebenarnya untuk  menyerahkan tersebut kepada pihak pemerintah, bukan publik. Terlepas dari itu, Gaikindo juga mencantumkan data tersebut di website resminya.

“Surat dari pemerintah sudah ada, yang mewajibkan memberikan data itu ke pemerintah, dan kami juga tidak merahasiakan itu, dengan juga mencantumkannya di situs resmi Gaikindo,” ujar Kukuh kepada KompasOtomotif, Selasa (28/2/2017).

Kukuh menambahkan, terkait dengan kewajiban untuk mempublikasikan ke publik tidak ada. “Namun kami merasa wajar kalau jika publik mengetahuinya dan itu akan lebih baik, jadi sudah kita lakukan itu (olah datanya),” ujar Kukuh.

Ketika ditanyakan kepada pihak KPPU, sampai saat ini sambungan telepon dan pesan KompasOtomotoif belum mendapat respons lebih lanjut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com