Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Makin Intens Dorong Penjualan ke Daerah

Kompas.com - 14/12/2016, 08:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tingkat penyerapan mobil di kawasan Jakarta terekam perlahan menurun menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Hal ini membuka kesempatan memperluas gelaran di dareah lain.

“Indikasinya menurun di Jakarta, semula 19 persen, sekarang 18 persen. Pergeserannya ke Jawa Barat. Apa sebabnya belum tahu, mungkin karena penerapan pajak progresif,” ucap Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, Senin (6/12/2016).

Dijelaskan Kukuh sudah saatnya lebih menggairahkan pasar di daerah agar penyebaran mobil semakin merata. Lokasi yang dituju ke luar Pulau Jawa, caranya membawa pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sebagai suplemen.

Tahun ini, GIIAS diselenggarakan di tiga lokasi, Makassar  pada Mei, Tangerang Selatan (Agustus), dan Surabaya (September). Tahun depan, kata Kukuh, GIIAS diselenggarakan di lebih banyak kota.

Tahun depan, jelas Kukuh, ditambah dua kota baru, yaitu Samarinda pada Oktober dan Medan (November). “Kami coba seperti itu untuk memicu, mendorong penyebaran ke daerah,” kata Kukuh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com