Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Toyota Indonesia Ciptakan SDM Berkualitas

Kompas.com - 21/02/2017, 13:23 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Karawang, KompasOtomotif - Konsistensi pasokan sumber daya manusia (SDM) berkualitas ditunjukkan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dengan program Manufacturing Skill Interchange Festival (MASIF). Melalui kegiatan tersebut, TMMIN berupaya mendorong semangat bersaing di antara perusahaan pemasok untuk membentuk SDM yang berkualitas.

MASIF 2017 mengambil tema "Toward 2020 Era, Realize Indonesia Automotive Industries Become Global Manufacturing Base". Meski perdana, namun acara ini dirancang untuk menjadi agenda tahunan perusahaan perakit Toyota di Indonesia ini.

Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, mengatakan SDM yang memiliki keahlian dan keterampilan tinggi merupakan kunci mendorong daya saing perusahaan dan industri pada.

"Melalui MASIF kami berupaya untuk lebih memperluas cakupan kegiatn pengembangan SDM ke rantai bisnis Toyota. Kedepannya, kami harap MASIF dapat berkembang dan memiliki efek domino ke semua lapis pemask lokal hingga memberikan nilai Tambah ke industri otomotif dalam menyongsng kompetisi global yang makin ketat," kata Warih dalam seremoni MASIF di Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/2/2017).

Stanley R/KompasOtomotif Para peserta program Manufacturing Skill Interchange Festival (MASIF) di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat, Selasa (21/2/2017).

Ajang perdana MASIF sukses diikuti 15 pemasok dengan jumlah 35 peserta. Untuk tahap awal ada tiga bidang yang dilombakan, yakni logistik, perawatan, dan inspeksi.

Materi dan peserta akan ditingkatkan untuk kegiatan di tahun berikutnya. Pada 2018, peserta MASIF ditargetkan menjadi 25 pemasok dengan penambahan materi berupa pengelasan dan perakitan, di 2019 bertambah 35 pemasok dari tier satu, dua, dan tiga dengan delapan bidang yang di lombakan, yakni, maintenance, logistic, welding, inspection, assemby, toso, press, dan casting.

"Diharapkan dari tahun ke tahun jumlah peserta terus meningka. Begitu juga dengan bidang yang dilombakan semakin luas," ujar Warih.

Kehadiran MASIF melengkapi program peningkatan kualitas SDM TMMIN yang mencakup rantai pasok yang telah ada, yakni TMMIN Learning Center (TLC) yang ada di Sunter Plnt, Karawang Plant 1 dan 2, Karawang Plant 3, Quality Control Circle (QCC), dan Jishuken.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com