Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolaborasi Nissan-Mitsubishi Sudah Dipelajari

Kompas.com - 31/01/2017, 14:53 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Bekasi, KompasOtomotif - Nissan telah membeli 34 persen saham Mitsubishi senilai 237 miliar yen atau setara Rp 28,99 triliun. Aliansi kedua prinsipal itu sudah dipastikan membuka banyak peluang strategi baru, termasuk di Indonesia.

Antonio Zara, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia (NMI) pun pernah mengatakan bahwa sudah ada perbincangan dengan Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia.

Begitu juga Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB usai peresmian bengkel bodi dan cat Mitsubishi di Bekasi, Jawa Barat mengatakan, bahwa pertemuan itu masih membahas berbagai macam bentuk strategi, buat pasar otomotif nasional.

"Pembahasan sudah dilakukan, tetapi masih dalam tahap studi," ucap Ishimaki di Bekasi, Senin (31/1/2017).

Pria asal Jepang itu melanjutkan, pertemuan dengan Nissan dilakukan pada 2016 dan di tahun ini belum ada agenda untuk melakukan pembahasan lagi.

"Terakhir pertemuan itu belum memutuskan apa-apa, sehingga saya tidak bisa mengungkapkan konten pembicaraan tanpa ada Nissan di sini," ujar Ishimaki.

Kolaborasi kedua merek itu akan mengarah pada segmen mobil multi guna 7-penumpang, yakni menyasar pada pemasaran bersama XM Concept, punya Mitsubishi. Nissan-Mitsubishi sama-sama menjual "mobil sejuta umat" seperti Toyota-Daihatsu dengan produk Avanza-Xenia, dan Calya-Sigra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com