Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Nissan-Mitsubishi Cuma di Belakang Layar

Kompas.com - 21/12/2016, 14:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Aliansi prinsipal Nissan dan Mitsubishi membuka banyak peluang strategi baru yang mendukung eksistensi keduanya di Indonesia. Memang banyak opsi. Namun, hal itu cuma berlaku sebagai latar belakang, sementara bagaimana cara untuk meraup pasar jadi urusan masing-masing.

Antonio Zara, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia (NMI), mengatakan sudah ada pembicaraan dengan Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai pemegang merek Mitsubishi di Indonesia terkait aliansi. Diskusi semakin mengerucut sebab sekarang sudah diketahui bahwa Nissan dan Mitsubishi akan melahirkan produk MPV kecil buat kedua merek menggunakan platform yang sama.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Mitsubishi XM Concept di GIIAS 2016.

Pembicaraan bukan hanya mendiskusikan membuat produk baru, melainkan juga membahas bagaimana caranya agar dua produk itu tidak saling tumpang tindih. Pada saatnya nanti, MPV kecil merek Nissan dan Mitsubishi itu bersaing di kelas yang sama.

“Bagaimana kami menuju pasar, itu terpisah. Namun, di belakang layar, kami membicarakan logistik, pengembangan produk, powertrain, dan lainnya. Semua terjadi di belakang layar,” kata Zara di Jakarta, Minggu (18/12/2016).

MPV kecil juga disebut bukan satu-satunya produk yang dibahas saat pertemuan. Ada peluang kedua merek berbagi platform lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com