Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baru Muncul tentang Yamaha R25 ”Facelift”

Kompas.com - 29/01/2017, 17:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotifYamaha memang belum mengumumkan resmi soal tampang dan performa baru R25 (dan R3). Namun seperti biasa, majalah otomotif kontroversial asal Jepang, Young Machine, mulai menghembuskan kabar tentang pesaing Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250Rr itu.

Gambar rekayasa digital pun mulai dimunculkan. Mereka bahkan menyebut gambar itu adalah versi produksi. Sekilas tak berubah, namun Young Machine menyebutkan beberapa titik perubahan, dan ternyata cukup signifikan.

Jika diperhatikan seksama, wajah R25 seperti dalam rendering itu mengikuti bahasa desain R6. Nuansa livery-nya ikut Yamaha R3 model 2017 yang dijual di Amerika Serikat.

Spesifikasi sudah dipastikan naik kelas. Misalnya, bakal makin sporty dengan handling yang stabil dengan suspensi depan tipe upside down atau model terbalik. Posisi berkendara juga dikatakan bakal diperbaiki, lebih nyaman tapi tetap sporty.

Lalu, lampu utama menggunakan LED. Teknologi yang terpasang sudah seharusnya minimal sama dengan R15, yakni menggunakan assist and slipper clutch yang membuat tuas kopling enteng serta menghilangkan gejala back torque saat mengurangi gigi.

Mesin? Kemungkinan ada perubahan, seperti ketika Yamaha merombak total mesin R15 lama dengan yang baru. Kapasitas silinder tetap 249 cc berpendingin cairan, tandem dengan transmisi 6-percepatan.

Yamaha R25 dan R3 masih akan diproduksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di pabrik mereka kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com