Kapan Cairan Rem Harus Diganti? - Kompas.com

Kapan Cairan Rem Harus Diganti?

Febri Ardani Saragih
Kompas.com - 06/12/2016, 17:42 WIB
otomotifnet.com Cek kondisi cairan rem

Jakarta, KompasOtomotif – Usia pakai cairan rem cukup lama namun bukan berarti boleh luput dari perhatian. Salah satu cara mudah mendeteksi kualitasnya masih bagus atau tidak dari melihat langsung kondisinya di tempat penampungan.

Menurut penjelasan Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor, waktu penggantian cairan rem di buku panduan kendaraan setelah pemakaian sejauh 40.000 km. Namun, memantau kualitasnya penting dilakukan secara berkala.

Cairan rem wajib diganti ketika kondisinya sudah berubah menjadi keruh. Warna pada cairan rem bisa macam-macam tergantung produk. Namun yang umum ditemukan, merah atau kuning. Cairan rem yang bagus kondisinya dikatakan bening.

“Keruh itu karena kontaminasi dengan udara, ada perubahan kimia karena panas,” kata Iwan, di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Sistem pengereman bekerja pada suhu sangat panas, bahkan bisa sampai dua kali lipat titik didih air. Spesifikasi cairan rem sudah menyesuaikan kondisi itu, tetapi seiring pemakaian kualitasnya bisa berkurang. 

PenulisFebri Ardani Saragih
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM