Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelumas Skutik Usia 5 Tahun Lebih dari Pertamina

Kompas.com - 03/11/2016, 13:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Pertamina Lubricants meluncurkan Enduro Matic-G, pelumas khusus untuk skutik. Karena lebih kental dengan vsikositas 20W-40, oli ini lebih direkomendasikan untuk skutik yang berusia di atas 5 tahun.

Enduro Matic-G adalah turunan dari Enduro Matic sebelumnya yang memiliki viskositas 10W-30. Peluncuran dilakukan dalam ajang Indonesia Motorcycle (IMOS), di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Dijelaskan dalam konferensi pers, Enduro Matic-G SAE 20W-40 adalah pelumas motor matik empat langkah berkualitas tinggi, didesain khusus menggunakan base oil sintetik untuk pengendara datam kota yang kerap mengalami kemacetan dan kondisi jalan yang statis.

Viskositas lebih tinggi diklaim mampu menjaga temperatur mesin saat jalanan sedang macet parah. Pertamina juga mengklaim, pelumas ini memiliki ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin sehingga memperpanjang masa pakai pelumas.

"Bukan tak bisa dipakai untuk skutik baru, tapi lebih disarankan untuk skutik-skutik yang berusia di atas 5 tahun. Karena rata-rata dengan usia itu mesin sudab mengalami friksi cukup besar sehingga butuh oli yang lebih kental," ujar Andria Nusa, Direktur Pemasaran dan Penjualan Pertamina Lubricants.

Pertamina membanderol pelumas khusus matic ini di pasar dengan harga Rp 33.000 per botol dengan kemasan 0,8 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com