Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari Sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris

"Menari Bersama Godzilla" di Silverstone

Kompas.com - 31/10/2016, 12:02 WIB
Aris F Harvenda

Penulis

Northampton, KompasOtomotif - Ubahan pada Nissan GT-R 2017 kali ini memang cukup menyeluruh. Bukan hanya tampilan, tenaga dan suspensi juga mendapat sentuhan yang berarti.
 
 
Paralel dengan tes tenaga godzilla - sebutan GT-R - KompasOtomotif juga menjajal performa suspensi. Disebutkan suspensi model terbaru ini lebih kaku (rigid) dibanding versi sebelumnya. Efeknya lebih mantap bermanuver.
 
 
Saat mencoba di trek kecil Sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris, berjarak 2,6 km, Selasa (25/10/2017), awak redaksi sudah merasakan hal tersebut. Perbedaan amat terasa terutama saat manuver di tikungan S dan belokan oval jelang garis finis sirkuit.
GT Academy Membandingkan dengan Nissan GT-R 2014
Body roll
 
Saat mencoba model 2014, di tikungan S pergeseran body (body roll) cukup terasa ketika masuk dan keluar. Bahkan indikator kontrol stabilitas sempat menyala. Kondisi tersebut menandakan adanya gejala negatif pengendalian. Terasa body belakang seperti hendak menyusul (oversteer).
 
Lain halnya saat bermanuver di tikungan karakter oval yang panjang. Pedal gas bisa mulai ditekan ketika mobil hendak melintas bagian dalam tikungan saat mengemudikan versi 2017. Sekilas melirik ke panel dasbor, jarum speedometer menunjuk 120 kpj. 
 
Sedangkan model sebelumnya pedal gas baru bisa ditekan ketika keluar tikungan. Jika bukaan gas dilakukan sebelum atau saat melintas bagian dalam tikungan, pergeseran sedikit terasa dan kontrol stabilitas aktif. Efeknya kecepatan tereduksi untuk mengantisipasi oversteer.
 
Kedua tes tersebut dilakukan dengan parameter pengujian yang sama. Terutama perlakuan yang sama pada titik pengereman.
GT Academy Performa suspensi Nissan GT-R 2017 makin ciamik
Kesimpulan
 
Dari kacamata kami, untuk mobil sport bertenaga di atas 500 tk dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitor, GT-R 2017 ini sudah terbilang paket sempurna. Tampilan eksotis, mesin mumpuni dengan rekor 0 - 100 kpj dengan waktu tempuh 2,8 detik, dan suspensi yang sesuai. Informasi terakhir GT-R 2017 dijual Rp 3,3 miliar.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com