Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Indonesia Jualan GT-R Lagi

Kompas.com - 16/09/2016, 17:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah lebih dari dua tahun absen jualan, Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya memastikan menjual lagi ikon mobil sport GT-R pada Agustus lalu. Ternyata unit produksi 2014 dengan livery GT Academy yang dipajang di stan Nissan di Gaikindo Indonesia International itu dibeli orang.

NMI terakhir kali terekam menjual GT-R pada 2013 sebanyak delapan unit. Di pasar global, GT-R sudah dua kali mengalami penyegaran desain tetapi toh sampai sekarang tidak ada yang dijual di dalam negeri.

Nissan Nissan GT-R 2017 mendebut di New York Auto Show pada Maret 2016.
Model paling baru, GT-R 2017, diperkenalkan di New York Auto Show pada Maret lalu. Poin penting dari pembaruan desain, dapur pacu V6 3.8L kini menghasilkan tenaga lebih besar 20 tk menjadi 565 tk.

Presiden Direktur NMI yang baru, Antonio Zara, pernah menyampaikan GT-R seperti “barang terlarang” mengingat kapasitas mesinnya berada pada kelompok barang impor kena pajak barang mewah (PPnBM) 125 persen. Di Amerika Serikat dan Jepang, GT-R dijual sekitar Rp 1 miliar tetapi di Indonesia melonjak hingga Rp 3,3 miliar.

Baca: Nissan GT-R Jadi Barang Terlarang di Indonesia

Meski harganya segitu tetapi ada saja penggemar fanatiknya. Di Bogor, Kamis (15/9/2016), General Manager Marketing Strategy & Product Planning NMI Budi Nur Mukmin mengatakan kendati pasarnya terbatas GT-R merupakan produk pembawa nama besar dan punya potensi walau pandangannya bukan volume penjualan.

“Ini saya buka saja ya, yang model terbaru kami usahakan meluncurkan mobil in tahun depan. Semester satu terlalu dekat, mungkin semester dua,” ucap Budi.

NMI sudah mengungkap tidak ada rencana meluncurkan model baru tahun ini, persiapan dilakukan untuk tahun depan. GT-R masuk dalam daftar peluncuran model baru NMI untuk 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com