Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renaul-Nissan Gandeng Microsoft Buat Otonomos

Kompas.com - 29/09/2016, 07:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Aliansi Renault-Nissan sudah menjelaskan membidik 2020 sebagai tahun kelahiran kendaraan otonomos. Buat mendukung teknologi baru ini, mereka mengumumkan telah menggandeng perusahaan perangkat lunak asal Amerika Serikat, Microsoft.

Layanan data berbasis komputasi awan (cloud ) platform Azure milik Microsoft akan dijadikan sumber utama navigasi, sistem prediksi, dan unduhan update perangkat lunak, buat mobil otonomos Renault-Nissan. Cara kerja ini mirip mekanisme perangkat lunak yang sudah dipakai Tesla.

“Kami menargetkan menjadi penyedia mobil terkoneksi untuk semua orang dengan satu platform global,” ucap Senior Vice President Renault-Nissan Ogi Redzic, seperti diberitakan Car Advice, Selasa (27/9/2016).

Sistem ini membantu mobil otonomos Renault dan Nissan benar-benar bisa digunakan di dunia nyata. Mobil nantinya bisa berkomunikasi dengan lalu lintas, rambu, dan menyesuaikan prilaku terhadap cuaca.

Renault-Nissan berencana meluncurkan 10 model otonomos pada 2020. Buat Microsoft kerja sama seperti ini bukan yang pertama kali, Ford sudah lebih dulu merangkulnya untuk sistem hiburan Sync. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com