Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Motor Otonomos Pertama

Kompas.com - 31/08/2016, 11:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber morebikes

Toronto, KompasOtomotif – Selama ini, kita dicekoki dengan mobil tanpa awak atau juga dikenal dengan otonomos. Tapi tahukah Anda, bahwa teknologi ini juga bisa diaplikasikan pada roda dua? Susah, tapi tetap saja ada peluang.

Pembuktian pun dilakukan desainer asal Kanada, Charles Bombardier. Ia berkolaborasi dengan desainer industri Ashish Thulkar. Mereka mengemukakan konsep produk bernama Cyclotron, yang membuktikan bahwa motor bisa melaju sendiri tanpa dikendarai.

Memang, ini masih sebatas desain. Namun Charles dan Ashish sudah memikirkan berbagai komponen dan teknologi pendukung untuk membuat Cyclotron menjadi nyata dan bisa direalisasikan dalam bentuk produksi massal.

Morebikes.co.uk Motor bisa berdiri sendiri dengan teknologi giroskop.
Motor ini bisa diduduki dua penumpang seperti biasa, namun posisi duduk saling berhadapan. Tak perlu diseimbangkan dengan kaki, karena Cyclotron tetap berdiri berkat pengaplikasian teknologi giroskop.

Motor ini bergerak dengan tenaga listrik, dengan motor yang terpasang pada kedua ban. Mengisi baterainya pun tak perlu ”colokan”, cukup diisi dengan metode nirkabel (wireless).

Desainnya terinspirasi dari film 'Tron' serta motor konsep C1 buatan Lits Motor. Penumpang duduk dengan penutup kaca yang akan melindungi mereka dari hujan. Akankah terealisasi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber morebikes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com