Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara GM Memanjakan Konsumen Kala Macet

Kompas.com - 08/09/2016, 07:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Autocarpro

Beijing, KompasOtomotif – Mengendarai mobil terlalu lama berkontribusi terhadap munculnya sakit punggung. Hal itu disebabkan tekanan pada pinggang 40 persen lebih besar saat duduk dibandingkan berdiri. Pemikiran General Motors (GM) China mengembangkan kursi khusus antipegal perlu diapresiasi.

Langkah kongkret itu berangkat dari permasalah di China, bahwa para pekerja di Beijing harus menghabiskan waktu rata-rata 54 menit dan jarak 18 km tiap hari. Angka-angka itu bisa lebih besar jika mereka harus antar-jemput anak-anak ke sekolah.

Jadi tidak heran, di China, begitu juga di sejumlah negara dengan populasi padat, kenyamanan kabin selalu menjadi salah satu prioritas utama untuk membeli sebuah mobil.

”Ketika Anda berada di kemacaten, kenyamanan kursi menjadi sangat penting. Inilah yang dikatakan konsumen, kami dengarkan dan respons dengan mengembangkan jok yang tak hanya nyaman, tetapi juga awet,” kata Interior Product Engineer GM China, Siller Sun, mengutip Autocarpro (7/9/2016).

Para insinyur di GM China pun mengujicoba berbagai jenis kursi untuk memastikan kenyamanan maksimal. Faktor-faktor penentunya adalah sistem canggih pada kursi, evaluasi dari konsumen, dan bentukan jok yang paling pas menyesuaikan dengan badan manusia.

Demi keperluan ini, para insinyur dibantu ”Oscar”, manekin yang digunakan untuk alat bantu simulasi agar mendapatkan layout interior yang pas dan mengukur ruangan senyaman mungkin.

GM juga menggunakan teknologi digital pressure-mapping untuk mengukur tekanan bagian punggung manusia pada permukaan jok. Alat ini mengumpulkan lebih dari 4.600 poin data untuk ditransfer ke komputer, dan menggambarkan bagaimana penumpang duduk serta posisinya.

Sebagai reaksi dari alat itu, para insinyur juga pakai robot untuk menyimulasikan efek dari tekanan jok dan daya pantul. Ini membantu menciptakan jok agar tak terlalu empuk, juga tak terlalu keras.

Kendati demikian, tak hanya robot dan manekin. GM juga mengevaluasi kinerja kursi antipegal itu dengan menggandeng sukarelawan yang harus duduk berjam-jam dan ratusan km untuk memastikan prototipe jok lahir sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com