Ragam Limbah Lengan Ayun "Moge Jepang" - Kompas.com

Ragam Limbah Lengan Ayun "Moge Jepang"

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 02/09/2016, 08:42 WIB
Ghulam/KompasOtomotif Limbah lengan ayun.

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor ingin tampak lebih gagah dan kekar, lengan ayun atau swing arm biasanya jadi salah satu komponen yang dipilih untuk diganti. Namun, memang harus disesuaikan jenis lengan ayun seperti apa yang sesuai.

Biasanya lengan ayun yang dipilih merupakan copotan dari sepeda motor lain, umumnya moge (motor gede). Dalam dunia modifikasi, hal ini cukup sering dilakukan dan sangat familiar.

Hezi Satria dari rumah modifikasi Diens Bike mengatakan, dirinya menyediakan limbah lengan ayun yang dibutuhkan para pemodifikasi. Jenis dan harganya juga beragam, tinggal disesuaikan dengan konsep dan pemesan.

“Limbah lengan ayun kami didatangkan langsung dari Jepang bukan dari Singapura seperti kebanyakan penjual. Harga disesuaikan dengan kelengkapan lengan ayun, pastinya kondisinya masih baik, 80 persen sampai 90 persen,” ujar Hezi kepada KompasOtomotif, Kamis (1/9/2016).

Hesi melanjutkan, lengan ayun yang paling banyak itu miliknya Kawasaki ZX6, ZX14, di mana harganya berkisar dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta, hanya lengan ayun saja (kosongan). Sementara kalau lengkap, termasuk rantai, monosok dan lainnya, berkisar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta.

“Paling banyak Kawasaki. Kalau ingin yang lain juga ada, seperti yang spesial milik Aprilia dengan bobot enteng, bisa sampe Rp 6 juta, kemudian untuk Ducati 848 mulai dari Rp 7 juta sampai Rp 9 juta, kosongan. Semua bisa dibicarakan dan didiskusikan,” ujar Hezi.

Hezi menambahkan, pemasangan juga bisa langsung dilakukan, dan biaya jasanya disesuaikan dengan tingkat kesulitan. “Pemasangan lengkap dari depan sampai belakang bisa Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, memakan waktu 2-3 pekan,” kata Hezi.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM